Waspadai Bahaya Gadget Mengancam Otak Anak Anda

Waspadai Bahaya Gadget Mengancam Otak Anak Anda

Kami akan menjaga informasi yang akurat dan terkini, namun Kami tidak dapat menjamin keakuratan informasi. Silakan verifikasi informasi kartu kredit, dan tingkat suku bunga selama proses aplikasi. Setelah itu, harus punya tekad kuat untuk berubah dan memperbaiki diri, termasuk tujuan yang jelas dalam proses perubahan ini. Ini akan menjadi modal utama dalam mengatasi gangguan kecanduan sosmed, sehingga proses tersebut menjadi lebih mudah dan tetap terarah. Bilamana orangtua tetap menggunakan cara yang kolot kata Kak Seto, maka hal itu cenderung akan membuat mereka merasa frustrasi lantaran tidak mendapat perhatian dari lingkungan terdekatnya, yakni seorang ayah atau ibu.

Agar kondisi anak kecanduan gadget tidak terjadi, keduanya memberlakukan sistem “possession” pada gadget yang mereka punya. Oleh sebab itu, dr. Catharine menekankan, penting bagi orang tua untuk bisa mengikuti dan memahami masa tumbuh kembang anak dengan minim penggunaan gadget di depan anak. Dalam masa tumbuh kembang, anak perlu melakukan aktivitas fisik dan berelasi dengan banyak teman. Di mana hal ini tidak akan terjadi jika anak hanya duduk bermain gadget. Cara yang paling efektif untuk menghilangkan kecanduan gadget adalah mendiskusikan kepada anak-anak Anda. Jelaskan pada anak mengapa Anda membatasi penggunaan gadget, katakan padanya bahwa hal itu dilakukan semata-mata untuk kebaikan mereka.

Sayangnya, masyarakat tidak mendapat referensi untuk mengetahui fakta-fakta di balik informasi-informasi tersebut. Pemerintah juga belum membuat pernyataan yang tegas mengenai produk ini sebagai panduan kepada masyarakat dalam pemakaiannya. Menghilangkan sebuah kecanduan tentu bukan hal mudah, termasuk kecanduan sosmed sekalipun. Agar proses perubahan ini tidak terasa berat dan sulit diterapkan, lakukan perubahan secara perlahan dengan memilih cara-cara yang tepat. Hal ini akan membawa banyak perubahan yang lebih positif, hingga akhirnya bisa memiliki kontrol diri yang baik untuk membatasi akses sosmed itu sendiri.

Cara agar anak tidak ketagihan alat elektronik

Pengaruh gadget terhadap anak yang selanjutnya yaitu menyebabkan kecanduan dan ketergantungan. Hal ini tentunya akan berdampak negatif terhadap perkembangan Kong4D fisik dan motorik anak. Ketika si kecil asik bermain gadget biasanya lupa makan sehingga asupan nutrisi untuk menunjang pertumbuhannya terganggu.

Sehingga anak-anak memiliki keterbatasan dalam mengakses aplikasi tanpa sepengetahuan orang tua. Dengan demikian, ruang untuk komunikasi langsung antara anak-anak dan orang tua menjadi terbuka dan hangat sebagai dasar untuk komunikasi lebih lanjut. Materi ketiga dibawakan oleh Dr. Ilona V. Oisina Situmeang, M.Si, beliau menyampaikan Media sosial dan sport on-line. Dua hal ini nampaknya masih menjadi ‘musuh besar’ dalam penguatan minat baca dan kemampuan literasi remaja saat ini, termasuk di kalangan siswa. Badan pengawas makanan dan obat-obatan Amerika Serikat FDA (U.S. Food and Drug Administration) mengeluarkan dana 270 juta Dolar AS untuk penelitian rokok elektronik.

Pada era digital, memiliki networking dunia maya tidak kalah penting dimiliki karena bisa memberikan dampak positif pada karir. Selain itu, ketika anak berada pada lingkungan yang kurang mendukung minatnya, mereka bisa mendapatkannya di dunia maya. Dengan pertemanan yang sehat, anak akan lebih semangat dalam menjalani hobinya. Tidak bisa dipungkiri bahwa anak sangat piawai menggunakan internet dan memainkan gawai dengan fitur mumpuni.

Jadi, berilah contoh perilaku yang baik, agar buah hati juga ikut meniru perilaku baik Anda. Akademi Dokter Anak Amerika dan Perhimpunan Dokter Anak Kanada menegaskan, anak umur 0-2 tahun tidak boleh terpapar oleh teknologi sama sekali. Anak umur 3-5 tahun dibatasi menggunakan teknologi hanya satu jam per hari. Ajaklah anak untuk melakukan salah satunya saat Anda pikir ia sudah terlalu lama berada di depan layar. Dengan begitu, pikiran anak akan teralihkan dengan kegiatannya yang baru dan melupakan keseruan permainan di dalam ponselnya.

Hindari mengirimkan gambar, video ataupun informasi personal di social media dengan orang lain. Kamu dapat melaporkan komentar, pesan, dan foto yang menyakitkan dan meminta media sosial tersebut untuk menghapusnya. Nomor telepon, alamat, element bank, dan informasi apa pun yang mungkin mengisyaratkan kata sandi pribadi kamu tidak boleh dibagikan secara on-line.

Masa depan anak menjadi bergantung pada keputusan kita saat ini untuk tidak mudah diperbudak oleh gadget. Pesan penting dari hasil penelitian ini adalah perlunya orang tua untuk berikhtiar agar anak kita bisa terbebas dari yang namanya ketergantungan terhadap gadget. Selalu ingat bahaya dan betapa ruginya anak kita jika ketergantungan. Coba deh kamu gunakan gadget kamu untuk mencari informasi tentang bahaya dari kecanduan gadget. Dijamin kalau kamu sudah banyak mengetahui tentang bahayanya, pasti kamu agar berpikir dua kali untuk terlalu sering memainkan gadget.

Menurutnya, dopamine berasal dari tyrosine, yaitu suatu pengolahan lebih lanjut oleh tubuh dari protein menjadi asam amino. [newline]Bila dalam tubuh kekurangan hormon ini, depresi, ADHD, Alzheimer hingga keterbelakangan psychological dapat menyerang tubuh. Sebaliknya bila berlebihan dalam memproduksi dopamin dapat juga terserang gangguan bipolar, kecanduan kronis, bahkan skizofrenia. Bahkan, kebanyakan dari kita sudah merasa ketergantungan dengan gadget tersebut. Saatnya untuk melakukan cara-cara di atas agar kamu bisa mengatasi kecanduan dari gadget.

Comments are closed.