Perilaku Produksi Di Tengah Krisis World Akibat Pandemi Covid

Perilaku Produksi Di Tengah Krisis World Akibat Pandemi Covid

Jika komitmen yang kuat dan akuntabilitasi yang baik dapat dipenuhi, niscaya proses pembuatan kebijakan dapat berjalan dengan lebih baik. Terakhir, yang sangat penting dalam proses perencanaan pembangunan yang berketahanan pandemi harus melibatkan semua pihak, mulai dari proses perencanaan, pengimplementasian, hingga evaluasi. Pemerintah sebagai aktor penggerak publik seharusnya membuat diskusi pengambilan kebijakan dengan terbuka dan inklusif–semua pihak terkait dan duduk berpikir bersama. Keterlibatan dan partisipasi dari berbagai pihak akan membuat kebijakan dan perencanaan yang diambil dapat mengakomodasi semua kepentingan.

Banyak yang sedang mengalami krisis pada saat pamdemi

Jadi, sila pertama juga menjadi fondasi penguat didalam diri manusia pada masa ini. Aksi demonstrasi dan kritik yang ditujukan terhadap pemerintah Suharto semakin meningkat setelah ia terpilih kembali sebagai presiden dan membentuk kabinet baru pada bulan Maret 1998. Kabinet baru yang provokatif ini berisi sejumlah anggota yang berasal dari kelompok kroninya dan oleh karenanya tidak mampu berbuat banyak untuk memulihkan kepercayaan terhadap pasar Indonesia. Setelah pemerintah memutuskan untuk mengurangi subsidi BBM pada awal bulan Mei, kerusuhan berskala besar terjadi di Medan, Jakarta dan Solo.

Pemerintah Indonesia sendiri membuat kebijakan bernama Pembatasan Sosial Berskala Besar yang membatasi banyak aktivitas ekonomi masyarakat. Sekitar 22 tahun yang lalu, Indonesia mengalami krisis ekonomi yang awalnya disebabkan oleh merosotnya nilai tukar mata uang Rupiah terhadap dolar Amerika Serikat. Depresiasi Rupiah tersebut disebabkan oleh efek Slot Deposit Pulsa berantai gejolak nilai tukar mata uang Thailand, Baht, yang dipicu oleh serangkaian aksi spekulasi. “Perempuan dapat dan harus berperan aktif untuk meningkatkan keberhasilan dalam menghadapi pandemi ini karena sangat bergantung pada ketahanan kesehatan keluarga dan pemenuhan gizi seimbang yang dapat dimulai dari lingkungan terkecil, yaitu rumah.

UNICEF juga mendukung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyiarkan program TV dan radio untuk anak yang tidak memiliki atau terbatas akses internetnya agar mereka tetap bisa belajar. Strategi komunikasi menjadi peranan yang important bagi seorang PR dalam mengatasi krisis pandemi Covid-19. Seorang PR harus memiliki konsep yang matang dengan mengelaborasi seluruh data dan fakta menjadi sebuah pesan informasi yang dapat disampaikan ke masyarakat. Pesan informasi yang disampaikan ini tentunya harus relevan dan tepat dengan situasi saat pandemi ini. Selain kondisi perekonomian Indonesia yang saat ini jauh lebih stabil, kebijakan Pemerintahan Jokowi turut memberikan dampak signifikan.

Pemasaran online masih belum menjadi solusi yang merangkul sebagian besar petani di pelosok-pelosok. Survei terbatas yang dilakukan Yayasan Odesa Indonesia di pasar-pasar utama Jawa Barat menunjukkan bahwa sekitar 50% pedagang produk-produk pertanian sudah pulang kampung karena mengalami kerugian. Hanya sedikit yang masih bertahan mengandalkan keuntungan 20 ribu sampai 30 ribu rupiah per-hari. Di sisi inilah, karena situasi yang tidak regular ini, negara harus lebih memainkan peranannya dalam menghubungkan permintaan dan produksi. Dibandingkan dengan berkurangnya ekspor karena resesi international dan menurunnya aktivitas pariwisata, dampak restriksi sosial terhadap aktivitas ekonomi lah yang justru akan menjadi sumber pemicu utama resesi. Resesi akan mempunyai ongkos sosial ekonomi apalagi di negara-negara yang sistem jaringan pengaman sosialnya tidak begitu kuat.

Comments are closed.