Peran Penting Ibu Dalam Menjaga Kesehatan Mental Anak Selama Pandemi

Peran Penting Ibu Dalam Menjaga Kesehatan Mental Anak Selama Pandemi

Erikson dalam teori perkembangan psikososialnya menyatakan bahwa tugas utama di masa remaja adalah membentuk identitas diri yang mantap yang didefinisikan sebagai kesadaran akan diri sendiri serta tujuan hidup yang lebih terarah. Mereka mulai belajar dan menyerap semua masalah yang ada dalam lingkungannya dan mulai menentukan pilihan yang terbaik untuk mereka seperti teman, minat, atau pun sekolah. Di lain pihak, kondisi ini justru seringkali memicu perseteruan dengan orangtua atau lingkungan yang tidak mengerti makna perkembangan di masa remaja dan tetap merasa bahwa mereka belum mampu serta memperlakukan mereka seperti anak yang lebih kecil.

Bila terjadi kegagalan atau gangguan proses identitas diri ini maka terbentuk kondisi kebingungan peran . Role confusion ini sering dinyatakan dalam bentuk negativisme seperti, menentang dan perasaan tidak percaya akan kemampuan diri sendiri. Negativisme ini merupakan suatu cara untuk mengekspresikan kemarahan akibat perasaan diri yang tidak adekuat akibat dari gangguan dalam proses pembentukan identitas diri di masa remaja ini. GTK Dikdas -Bicara mengenai kesehatan mental Depo E-money anak di kala pandemi ini memang menjadi sebuah tantangan untuk para pendidik.

Kesehatan mental anak adalah hal yang penting

Selanjutnya apabila membandingkan tentang kondisi transportasi umum di negara kita memang stake holder kita harus banyak belajar dan meneladani totalitas bentuk bernama pelayanan. Hari Buku Sedunia, dikenal pula dengan Hari Buku dan Hak Cipta Sedunia dan Hari Buku Internasional, merupakan hari perayaan tahunan yang jatuh pada tanggal 23 April yang diadakan oleh UNESCO untuk mempromosikan peran membaca,penerbitan, dan hak cipta. Di Inggris, hari perayaan ini jatuh pada hari Kamis pertama setiap bulan Maret.

Hari Bumi dirancang untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap planet yang ditinggali manusia ini yaitu bumi. Dicanangkan oleh Senator Amerika Serikat Gaylord Nelson pada tahun 1970 seorang pengajar lingkungan hidup. Sebanyak 29 negara yang mewakili lebih dari setengah complete penduduk dunia pada saat itu mengirimkan wakilnya. Pinjaman pertama dibuat pasca-perang Perancis untuk rekonstruksi dalam jumlah 250 juta dollar AS .

Sebaiknya hindari memberikan gawai di tengah short break karena bisa membuat anak tidak ingin melanjutkan belajar dan ingin bermain dengan gadgetnya. Di samping membutuhkan kesempatan untuk mempelajari berbagai hal baru dan hidup mandiri, anak juga harus mengetahui beberapa perilaku tidak boleh dilakukan, dan bahwa mereka akan menerima konsekuensi jika melakukan tersebut. Menasihati dan memberi contoh adalah hal yang paling baik untuk menerapkan perilaku disiplin yang memiliki dasar kebaikan, nilai agama, maupun norma sosial.

Dari data studi ‘Most Littered Nation in the World’ yang pernah dirilis Central Connecticut State University pada tahun 2016, Indonesia berada di peringkat ke-60 dari 61 negara. Unesco juga pernah mengungkapkan minat baca masyarakat Indonesia hanya zero,001 persen, yang artinya dari a thousand orang Indonesia, hanya satu yang rajin membaca. Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional, atau biasa disingkat Palang Merah, merupakan kumpulan dari organisasi yang bergerak di bidang kemanusiaan. Sebelumnya usulan ini dikirimkan melalui email ke seluruh dunia pada tanggal four Januari 1999 untuk mengenang empat orang pemadam kebakaran yang bernasib tragis saat mencoba memadamkan kebakaran hebat di Australia. Tanggal 4 Mei diperingati sebagai Firefighters’ Day dibanyak negara Eropa. Hari Bumi adalah hari pengamatan tentang bumi yang dicanangkan setiap tahun pada tanggal 22 April dan diperingati secara internasional.

Melansir dari Psychiatric Times, anak-anak ternyata menunjukkan lebih banyak risiko terkait dengan konsekuensi COVID-19. Ditambah lagi dengan kesulitan yang dihadapi orangtua dalam menenangkan kecemasan anaknya karena ketidakpastian dalam hidup mereka. Orangtua biasanya mahir membuat rencana untuk anak-anak mereka, tetapi rencana apapun tampaknya mustahil untuk dilaksanakan saat ini. Memberikanhewan peliharaan kepada anak juga bisa menjadi solusi tepat yang bisa orangtua lakukan. Berikan hewan peliharan yang anak sukai, missal kucing, angjing kecil, ikan, kelinci dan masih banyak lainnya. Namun, orangtua juga jangan lupa untuk mengarahkan dan membimbing anak untuk merawat hewan peliharaan tersebut dengan baik dan benar.

Comments are closed.