Pengertian Cryptocurrency

Pengertian Cryptocurrency

Manfaat sifat terdesentralisasi Blockchain adalah tidak ada data yang dipusatkan di satu tempat. Semua tersebar ke server para miner, alias para penambang yang ikut membantu mengamankan jaringan Blockchain. Untuk menjadi miner pun mereka harus secara akurat memecahkan algoritma perhitungan yang ada, sehingga tercipta blok baru . Karena informasinya tersebar, jika ada hacker yang mencoba membobol sistem pun mereka harus bisa minimal mengontrol 50% dari komputer miner yang ada di jaringan. Lantas apa yang membedakan dengan mata uang yang saat ini umum digunakan, seperti mata uang Rupiah, yang juga sudah banyak digunakan untuk transaksi secara digital?

Apa itu crypto

Pandangan berbeda disampaikan Country Blockchain Leader IBM Indonesia Juliandri Jenie. Dalam sebuah sesi #SelasaStartup ia mengatakan bahwa sifat ledger dalam Blockchain itu dapat dilihat ke orang lain namun pada saat yang sama tetap aman karena tidak bisa diubah oleh sembarang orang. Ini menjadi keuntungan, karena bisa membuat integrasi bisnis antar perusahaan jadi lebih efisien. Semua orang bisa saling percaya karena seluruh knowledge dapat terekam dengan baik, dapat dilihat oleh orang lain meski perlu ada akses khusus terlebih dulu.

Pertama, untuk diperdagangkan sebagai pertukaran mata uang digital di cryptocurrency. Kedua, Ether juga digunakan untuk menjalankan aplikasi hingga memonetisasi sebuah pekerjaan. Di tahun berikutnya, Bitcoin yang merupakan mata uang kripto dengan teknologi blockchain pertama kali diluncurkan. Kamu dapat menggunakan mata uang kripto untuk melakukan pembelian. Meski demikian, di Indonesia uang kripto belum menjadi pembayaran yang diterima secara umum. Namun baru-baru ini, PayPal mengumumkan peluncuran layanan baru yang memungkinkan pelanggan membeli, menahan, dan menjual uang kripto dari akun PayPal mereka.

Crypto bekerja sesuai dengan prinsip ekonomi, harganya akan naik ketika permintaannya juga meningkat. Jadi, makin banyak orang yang investasi, harganya juga makin naik. Truthless, saat menggunakan cryptocurrency kamu tidak perlu percaya kepada siapapun dalam sistem untuk membuatnya bekerja. Untuk mengatasi hal ini, kita bisa memanfaatkan beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk membuka kunci digital wallet. Yang terpenting adalah kita harus selalu mengingat kata sandi atau pin dari wallet kita. Penggunaan bitcoin, kata Agus, juga dekat dengan kemungkinan tindakan pencucian uang dan pendanaan terorisme.

Selain keuntungan yang besar, berinvestasi pada Cryptocurrency dinilai lebih aman karena mata uang ini diamankan dengan sistem kriptografi sehingga tidak dapat dipalsukan dan tidak mudah diretas. Dibandingkan dengan mata uang yang beredar saat ini, cryptocurrency memiliki peredaran yang lebih bervariasi tiap negaranya. Misalnya, di Indonesia di mana cryptocurrency masih kurang luas dikenal dibandingkan mata uang fisik lainnya, peredarannya hanya 1 Miliar rupiah per bulan.

Comments are closed.