Pengaruh Gadget Bagi Tumbuh Kembang Anak

Pengaruh Gadget Bagi Tumbuh Kembang Anak

Hak Tumbuh Kembang, hak memperoleh pendidikan dan hak mencapai standar hidup yang layak bagi perkembangan fisik, mental, non secular, ethical dan sosial. Kebanyakan orang menyangka bahwa liburan sebaiknya dilakukan saat anak sudah besar. Keadaan ini rupanya salah diartikan, karena anak-anak pun membutuhkan waktu berlibur bersama keluarga. Dengan berlibur, anak lebih mengenal lingkungan luar dan siap mengenal dunia baru. Biasanya, akan timbul pertanyaan-pertanyaan menarik saat mereka di luar rumah. Sementara itu, Asisten Deputi Pemenuhan Hak Anak Dalam Keluarga dan Lingkungan, Deputi Bidang Tumbuh Kembang Anak, Rohika Kurniadi Sari menyampaikan meskipun dalam kondisi di tengah pandemi Covid-19, PUSPAGA tidak pernah putus memberikan layanan.

Banyak terjadi permasalahan dalam tumbuh kembang anak

Pengukuran antropometri ini dapat meliputi pengukuran berat badan, tinggi badan, lingkar kepala dan lingkar lengan atas. Dari parameter-parameter ini dokter akan membuat kesimpulan status gizi seorang anak, apakah gizi lebih, gizi baik atau gizi kurang berdasarkan standar pertumbuhan dari World Health Organization untuk selanjutnya dilakukan intervensi lebih lanjut. Setiap anak memiliki potensi yang sama untuk bertumbuh dan berkembang dengan normal bila kebutuhan dasar terpenuhi.

Aspek individu yang bersifat bawaan ini memiliki potensi untuk untuk berkembang. Namun sejauh mana perkembangan dan kualitas perkembangan itu terjadi tergantung pada kualitas bawaan itu sendiri dan lingkungan yang mempengaruhi. Disamping individu memiliki faktor bawaan yang berhubungan dengan sifat-sifat kejasmanian dan temperamen, maka individu masih mempunyai sifat-sifat pembawaan yang berupa bakat . Bakat bukanlah merupakan satusatunya faktor yang dibawa individu sewaktu dilahirkan, melainkan hanya merupakan salah satu faktor saja. Bakat merupakan potensi yang berisi kemungkinan-kemungkinan untuk berkembang ke sesuatu arah. Bakat bukanlah sesuatu yang telah jadi, yang telah terbentuk pada waktu individu dilahirkan, tetapi baru merupakan potensi-potensi saja.

Pandemi Covid-19 membuat masyarakat yang selama ini rentan secara ekonomi makin rentan. Banyak orang kehilangan pekerjaan dan usaha ekonomi besar maupun kecil tersendat, bahkan gulung tikar. Kondisi ini menyulitkan para perempuan kepala keluarga yang menjadi penyangga ekonomi keluarga.

Ya Moms, tidak hanya kekhawatiran soal keamanan menyusui di masa pandemi, tetapi juga soal pembatasan sosial yang menyebabkan semakin sulitnya mendapatkan dukungan untuk ibu menyusui. “Pemberian ASI memiliki beragam manfaat kesehatan, Kakek Merah FAFAFA sosial, dan ekonomi baik bagi anak maupun ibu,” ujar Perwakilan UNICEF Indonesia Debora Comini seperti dikutip dari laman resmi UNICEF. Bukan sayuran biasa, mentimun punya banyak sekali manfaat yang akan mendukung tumbuh kembang bayi.

Banyak hal yang harus dilakukan, tetapi juga banyak pula yang harus dipahami dan dimengerti. Salah satunya adalah mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi tumbuh kembang anak. Faktor-faktor ini perlu diperhatikan, agar kita tidak salah langkah dalam mendidik anak serta tidak memaksakan kehendak pada anak sehingga anak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal. Tak hanya itu, apabila orang tua memiliki kondisi kesehatan buruk atau bahkan suatu penyakit, kemungkinan anak juga bisa mengalami hal yang sama. Perhatikanlah bahwa RAS yang dimilikki dapat mempengaruhi tumbuh kembang anak. Terlihat dari anak dengan RAS Amerika memiliki pertumbuhan yang lebih cepat dibandingkan anak Indonesia.

Comments are closed.