Pengalaman Mahasiswa Prodi Perencanaan Wilayah Dan Kota Dalam Melakukan Kerja Praktik

Pengalaman Mahasiswa Prodi Perencanaan Wilayah Dan Kota Dalam Melakukan Kerja Praktik

Selama sekitar 50 hari mereka melakukan pendampingan belajar bagi siswa SD, SMP, dan SMA secara daring di Kulonprogo. Salah satu mahasiswa KKN Peduli Pendidikan UGM periode tujuh tahun 2020, Luthfi Indrayani, mengatakan ia bersama rekan-rekannya melaksanakan KKN tematik peduli pendidikan sejak 1 Agustus hingga 10 Oktober 2020. Selama sekitar 50 hari mereka melakukan pendampingan belajar bagi siswa SD, SMP, dan SMA secara daring di Slot Online Indonesia Kulon Progo. Lalu, pendampingan belajar secara luring di Sewon, Kasihan, dan Piyungan. Dalam hal pendampingan orang tua selama pembelajaran jarak jauh, memang diperlukan komitmen dari orang tua agar bersedia meluangkan waktu untuk mendampingi anak didik ketika melaksanakan kegiatan pembelajaran. Melakukan pengawasan dengan meminta jadwal proses pembelajaran kepada anak, turut melakukan proses pengecekan tugas yang dikerjakan.

Semua itulah yang menjadi faktor hambatan kualitas tenaga kerja Indonesia. Untuk meningkatkan kualitas layanan pendidikan di daerah terpencil, Pemerintah Indonesia perlu meningkatkan kualifikasi dan keterampilan guru dan meningkatkan manajemen kinerja guru dan sistem akuntabilitasnya. Dalam jangka pendek, pelatihan pengembangan kapasitas harus memprioritaskan lebih banyak guru di daerah terpencil atau mewajibkan agar sejumlah persentase peserta minimum berasal dari daerah terpencil. Hasil pengamatan mengindikasikan bahwa kesenjangan dapat dikurangi dengan memprioritaskan alokasi pendanaan. Selain itu, renovasi fasilitas sekolah dan perumahan untuk guru dapat memperbaiki kondisi kerja guru-guru yang ditugaskan di daerah terpencil. Terdapat banyak tantangan bagi negara berkembang untuk menyediakan layanan pendidikan yang baik, terutama di daerah perdesaan dan terpencil.

Kemendikbud mengalokasikan anggaran sebesar Rp eight,9 triliun yang diperuntukkan untuk subsidi kuota internet untuk peserta didik, guru, mahasiswa dan dosen, serta meningkatkan jumlah penerima tunjangan profesi. Salah satu kendala dalam PJJ pada masa pandemi Covid-19 ini adalah beban pembelian kuota internet. Pembelajaran daring membutuhkan kuota internet yang cukup besar dan ini sangat membebani peserta didik. Terlebih lagi pada masa pandemi Covid-19 ini juga berdampak besar bagi sendi-sendi kehidupan termasuk ekonomi.

Tidak ada hambatan bekerja bagi pelajar

Untuk memonitoring pekerja saat melakukan work at home lebih susah ketimbang bekerja di kantor secara langsung. Jika perusahaan Anda sudah memiliki sistem yang baik untuk memonitor setiap pekerja dan tidak terlalu kaku dalam hal peraturan, maka ini bukan menjadi masalah yang besar. Belum lagi gangguan lain yang ada di kantor yang banyak mempengaruhi dalam hal temper bekerja dan produktifitas.

Menurut Syah faktor psikologis yang berasal dari luar siswa berpengaruh pada kegiatan belajar siswa. Oleh karena itu, maka perlu dilakukan penelitian mengenai kendala pembelajaran daring bagi guru sekolah dasar. Proses belajar mengajar di sekolah dasar yang terjadi secara daring pada masa pademi Covid-19 menjadi hal yang baru dan menantang bagi kalangan guru. Jika dilihat secara sekilas, pembelajaran secara daring nampak begitu mudah. Ketika siswa dan guru memiliki HP atau laptop serta jaringan web, maka pembelajaran dapat dilaksanakan. Namun, faktanya ketika pembelajaran dengan mannequin daring dilaksanakan, mulai muncul masalah-masalah dan kendala-kendala baru terkait pelaksanaan pembelajaran secara daring baik oleh guru, orang tua wali dan siswa itu sendiri.

Comments are closed.