Pendidikan

Pendidikan

Kemendikbud telah menjalin kemitraan dengan perusahaan teknologi pendidikan dalam menyediakan akses gratis pada platform pembelajaran on-line; dan dengan operator telekomunikasi untuk memberikan kuota internet gratis yang dapat digunakan oleh para guru dan siswa. Kemendikbud juga bergerak cepat meluncurkan program televisi pendidikan – Belajar dari Rumah – pada tanggal thirteen April, yang telah menjadi sumber pembelajaran utama bagi siswa yang tidak memiliki akses ke internet . Pemerintah juga menyediakan buku maupun lembar kerja elektronik bagi sekolah-sekolah, dan telah mengizinkan digunakannya dana Bantuan Operasional Sekolah untuk mencetak dan mendistribusikannya. Pada tanggal 7 Agustus, Kemendikbud juga mengumumkan pilihan yang dapat diambil oleh sekolah-sekolah untuk menggunakan kurikulum darurat yang disederhanakan.

Hal ini agar ia tidak mudah tertular penyakit yang berisiko ketika berada di luar rumah. Sebagai tanggapan terhadap Covid-19, pemerintah telah menerbitkan sejumlah paket kebijakan. Pemerintahan daerah juga menanggapi lewat berbagai kebijakan dan program masing-masing daerah. Komitmen pemerintah untuk membantu warganya jelas terlihat namun masih terbatas pada yang miskin, hampir miskin dan sakit.

Ali mengatakan, risiko itu rentan dialami oleh anak yang orangtuanya harus menjalani isolasi karena Covid-19. Wakil Representatif UNICEF di Indonesia Robert Gass, menyampaikan jumlah tersebut tidak termasuk 700 Slot Online Indonesia juta orang yang telah hidup dalam kemiskinan. Di sisi lain, lewat survei yang dilakukan UNICEF bersama UNDP dan Prospera, terungkap pandemi berdampak negatif terhadap keluarga dan anak-anak.

Untuk Hari Anak Internasional 20 November 2020, UNICEF mengusung tema “A day to reimagine a better future for every baby”, yang berarti satu hari untuk menggagas dan membentuk kembali masa depan yang lebih baik bagi setiap anak. Pakar kedokteran Jerman Carl Flügge tahun 1897 sarankan agar menjaga jarak 2 meter dari penderita TBC agar tidak tertular. Partikel cairan yang yang mengandung bakteri streptococcus disemburkan saat penderita batuk, masih menular pada jarak 2 meter.

Khawatir Mutasi Corona, Jerman Perpanjang Lockdown Hingga 7 Maret 11.02.2021 Jerman memutuskan untuk memperpanjang lockdown hingga setidaknya 7 Maret akibar kekhawatiran mutasi corona. Dengan suhu musim panas yang membumbung tinggi, banyak orang Australia menikmati berenang di laut. Tanda-tanda peringatan telah dipasang untuk mengingatkan pengunjung menjaga jarak sambil menikmati matahari, demi mencegah lonjakan infeksi baru.

Dampak covid bagi anak-anak

“Selama periode perkembangan sosial, ketika seorang anak kehilangan kesempatan untuk membangun keterampilan ini, itu berpotensi menunda perkembangan sosial-emosional mereka,” kata Dr. Barbara Nosal, Ph.D., LMFT, LADC, kepala petugas klinis di Akademi Newport. Banyak munculnya aplikasi belajar on-line membuat belajar #DariRumahAja tetap dapat dilakukan dengan efektif. Aplikasi-aplikasi belajar on-line dikembangkan dengan penyediaan fitur-fitur yang memudahkan dalam melakoni belajar on-line. Ilmuwan, peneliti, dosen bahkan mahasiswa mencoba melakukan eksperimen untuk menemukan kreativitas baru dan menghadirkan proses pembelajaran yang afektif dan efisien sehingga dapat melaksanakan proses pembelajaran yang menyenangkan dan tidak membosankan. Pandemi Covid-19 yang begitu banyak berdampak negatif juga berdampak positif bagi dunia pendidikan di Indonesia.

“Konsultasi untuk orang tua meningkat 64% pada tahun 2020 dibandingkan tahun sebelumnya,” lapor Anna Zacharias. Tetapi tidak hanya anak-anak yang memerlukan konseling dan bantuan lewat telepon atau jalur online. “Tahun 2020 terjadi peningkatan tajam dalam jumlah orang yang menggunakan layanan obrolan online kami, naik sepertiga dibandingkan tahun 2019,” kata Anna Zacharias. Selain 3.000 penasihat telepon yang terlatih, ada 80 staf jalur bantuan yang sekarang bekerja pada obrolan online. “Anak-anak misalnya mengeluh bahwa semua orang sekarang ada di rumah, sehingga mereka tidak dapat berbicara bebas di telepon.” Belakangan, Anna juga sibuk melayani pertanyaan media dan publik soal dampak pandemi dan lockdown terhadap anak-anak.

Comments are closed.