Nego Dengan Pihak Luar, Menristek Ogah Indonesia Cuma Dijadikan Tempat Uji, Tak Mau Sekedar Beli, Vaksin Harus Diproduksi Sendiri

Nego Dengan Pihak Luar, Menristek Ogah Indonesia Cuma Dijadikan Tempat Uji, Tak Mau Sekedar Beli, Vaksin Harus Diproduksi Sendiri

Untuk diketahui, Presiden Joko Widodo sendiri telah mengumumkan bahwa selain saat ini menerima 1,2 juta vaksin, tepat awal Januari 2021 tahun depan, pemerintah mengupayakan 1,8 juta dosis vaksin ada di Indonesia. “Tapi kami masih Slot Online Terbaik menunggu bagaimana aturan dari pemerintah saja,” kata Rosan. Kemudian ada Rumah Sakit Pelni yang menjadi rumah sakit rujukan se-Jakarta Barat dan memiliki pelayanan unggulan untuk hipertensi, vaksinasi perjalanan, dan imunisasi.

Pada jalur mandiri ini, Kementerian BUMN bahkan sudah menggandeng PT Telekomunikasi Indonesia Tbk dan PT Bio Farma untuk menggarap infrastruktur teknologi vaksin mandiri ini, mulai produksi, pengiriman hingga penyuntikan ke end consumer. Pemberian vaksin untuk tenaga kesehatan ini, tentu saja diberikan setelah izin penggunaan dalam keadaan darurat atau Emergency Use Authorization , dikeluarkan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan . di mana melalui program mandiri sedang disiapkan regulasinya karena akan mengatur pembelian melalui sektor industri tertentu,” kata Airlangga. Dalam webinar CEO Forum pada Kamis (21/1), Presiden Joko Widodo menyebut tak menutup kemungkinan vaksin mandiri dilakukan. Vaksin mandiri ini akan berbeda merek dengan vaksin free of charge agar tidak tercampur pendataannya.

Mengenai rencana pembelian vaksin oleh Pemerintah DKI, Dwi belum bisa menjelaskannya. “Masih dalam tahap kajian. Nanti ada pejabat yang lebih berwenang untuk menjelaskan informasi itu.” Meksipun sudah menerima vaksinasi HPV, Anda tetap diminta untuk menjalani pemeriksaan pap smear sesuai dengan rekomendasi dokter.

Sejauh ini, Meksiko telah menerima 14,7 juta dosis dari sejumlah merk vaksin Covid-19, dan telah menggunakan hampir 9 juta dosis. Jumlah ini masih terbilang kecil dibandingkan jumlah populasi negara itu yang mencapai hingga 126 juta jiwa. Sebelumnya, PT Bio Farma selaku holding BUMN Farmasi menyatakan bahwa perseroan beserta anak-anak usahanya akan menekan harga vaksin virus corona. Sudah menyelesaikan uji klinis tahap three di beberapa tempat, termasuk uji klinis yang dilaksankan di Uni Emirat Arab, dan termasuk di negaranya sendiri, dan sudah diberikan izin edar darurat dari BPOM-nya China dan UEA.

Vaksin itu merupakan kerja sama multilateral dengan WHO untuk negara-negara berkembang. Selain itu, lanjut Bambang, pemerintah masih menyelesaikan skema pelaksanaan vaksinasi Covid-19 baik untuk kebutuhan program bantuan pemerintah maupun kebutuhan mandiri. Skema pembelian ini akan diberlakukan untuk masyarakat yang ingin melakukan suntik vaksinasi secara mandiri atau yang tidak disediakan pemerintah.

Untuk itu, peserta perlu untuk mengisi consent/assent kind untuk mendapatkan kode khusus berupa QR code. Jokowi menambahkan, terkait jadwal vaksinasi di Indonesia, pemerintah membutuhkan tahapan-tahapan yang ketat dari Badan Pengawas Obat dan Makanan . Menurut Jokowi, seluruh prosedur ilmiah persiapan vaksinasi akan dilalui pemerintah dengan baik. Semua itu dilakukan semata untuk menjamin kesehatan dan keselamatan masyarakat serta meningkatkan efektivitas vaksin Covid-19 tersebut. Selain dalam bentuk jadi, kata Jokowi, pemerintah akan mendatangkan 15 juta dosis vaksin dalam bentuk bahan baku pada Desember tahun ini.

Sayangnya, dikutip dari Sputnik, pemerintah Portugal, Spanyol, Inggris, dan AS menolak proposal tersebut. Selain itu, vaksin Covid-19 yang dikembangkan oleh CanSino Biologics/Beijing Institute of Biotehcnology/Petrovax digunakan untuk militer di China. Sedangkan, vaksin Covid-19 buatan Wuhan Institute of Biological Products/Sinopharm mendapatkan izin “emergency use” di China dan Uni Emirat Arab.

Platform belanja online Shopee bukan hanya terkenal untuk membeli gawai maupun barang-barang fesyen, namun, juga makanan lewat Shopee Food. Layanan GoFood mencakup berbagai tempat makan, dari kaki lima hingga restoran di dalam mall dan seringkali memberikan potongan harga, baik untuk makanan maupun untuk ongkos kirim. “Untuk hasilnya, Alhamdulillah cukup lah untuk biaya hidup selama ramadan dan persiapan untuk lebaran.

Tempat membeli vaksin

Untuk vaksin SARS-CoV2, LIPI memilih mengembangkan vaksin rekombinan sub-unit, yang berarti vaksin diambil hanya dari bagian tubuh virus, yaitu Protein Spike . Protein Spike dan Receptor Binding Domain saat ini menjadi kandidat utama sebagai antigen yang potensial. Tujuan utamanya adalah membentuk antigen untuk meningkatkan sistem imun. Mantan wakil menteri BUMN itu sekaligus mengatakan pihaknya akan mempercepat kedatangan vaksin yang sebelumnya dijadwalkan di kuartal awal 2022, dimajukan seluruhnya di tahun 2021. Upaya itu dilakukan guna mencapai target vaksinasi rampung pada akhir 2021.

“Saya pastikan vaksin di rumah sakit, Puskesmas dan Posyandu di Jatim aman dari vaksin palsu karena sampai saat ini kami belum menemukan ada vaksin palsu. Jadi tidak bisa tempat layanan kesehatan membeli vaksin dan mengadakan sendiri, hal ini yang membuat keaslian vaksin bisa terjaga. Jika pasok vaksin di Dinkes ada maka dapat melaporkannya ke Dinkes, jika Dinkes kosong maka harus bersabar untuk tidak melakukan vaksinasi”, jelasnya kepada Humas Pemprov Jatim. Setelah prioritas tersebut, akan dilaksanakan vaksinasi terhadap masyarakat umum dan pelaku sektor perekonomian lain. Total terdapat 160 juta orang yang akan masuk dalam program vaksinasi nasional dengan kebutuhan 320 juta dosis vaksin. Mengenai penyediaan layanan vaksinasi Covid-19 seperti rumah sakit klinik dan fasilitas kesehatan lainnya, lanjut Bambang, masih dilakukan proses pendaftaran dan verifikasi, untuk jalur mandiri, melalui asosiasi-asosiasi resmi.

Comments are closed.