Menteri Nadiem Ungkap Kendala Pembelajaran Jarak Jauh

Menteri Nadiem Ungkap Kendala Pembelajaran Jarak Jauh

Mahasiswa juga dapat mengikuti kegiatan seperti volunteer, magang, dan mengikuti berbagai macam organisasi di dalam dan luar kampus. Lebih lanjut, dia menegaskan bahwa tujuan pendidikan adalah untuk membuat cerdas generasi penerus bangsa, serta membentuk karakter bangsa yang berbudaya. Sehingga, tantangan sebesar apapun harus bisa diatasi dan menjadi tanggung jawab bersama. Semua orang, kata Agus harus menjadi Slot Online Terbaik guru yang bisa mendidik anak-anak penerus bangsa. Semenjak adanya pandemi Covid-19, KBM dilakukan dengan mengumpulkan beberapa siswa di beberapa titik lokasi dengan jumlah tiap kelompok 5 sampai 10 siswa dengan jadwal pembelajaran 2 kali dalam 1 minggu. Hal ini dilakukan sesuai arahan dari Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Temanggung yang menerapkan pembatasan maksimal 18 orang per kelompok.

“Pendampingan privat juga untuk siswa yang tidak memiliki gawai,”imbuh mahasiswa Fakultas Pertanian UGM ini. oleh krena itu fokus utama dalam pengajaran bahasa Inggris ini menurut responden ialah penguasaan kosa kata terutama ektra dialog yang mulai hilang. Dengan menguasai kosa kata yang banyak maka para siswa dapat dengan mudah menguasai keterampilan bahasa yang lain. Hal ini dikarenakan pembelajaran jarak jauh berbasis teknologi memerlukan pendekatan yang berbeda dalam hal perencanaan, pelaksana dan evaluasinya. Pelaksanaan pembelajaran jarak jauh, peserta didik membutuhkan perhatian khusus, terutama sarana prasarana yang digunakan, jaringan internet yang memadai dan motivasi diri agar dapat mengikuti proses pembelajaran yang bersifat mandiri. Dengan perbedaan dan keterbatasan kemampuan intelektual siswa dalam belajar tentu dapat menghambat proses belajar mengajar yang dilakukan.

Tebakan gua sih hampir semua remaja juga mengalami naik-turunnya semangat belajar, termasuk diri gua sendiri dulu. Sebetulnya konteksnya gak harus selalu untuk belajar untuk ujian ya, gua bikin contoh gitu karena kebanyakan yang baca Zenius Blog ini adalah pelajar. Tapi apa yang mau gua omongin ini juga bisa relevan dengan banyak hal lain, misalnya tekad untuk rutin berolahraga, berhenti merokok, tekad untuk melatih kemampuan tertentu, dan lain-lain.

Beberapa pihak yang fokus mengembangkan sistem pendidikan secara daring antara lain Google Indonesia, Kelas Pintar, Microsoft, Quipper, Ruangguru, Sekolahmu, dan Zenius. Kemendikbud mengembangkan aplikasi pembelajaran jarak jauh berbasis portal dan android Rumah Belajar. Beberapa fitur unggulan yang dapat diakses oleh peserta didik dan guru di antaranya Sumber Belajar, Kelas Digital, Laboratorium Maya, dan Bank Soal. Mendikbud mengapresiasi langkah proaktif yang dilakukan di semua lini pemerintahan daerah serta mitra di kalangan swasta.

Tidak ada perusahaan yang merasa punya cukup waktu atau orang untuk melakukan pekerjaan, jadi jangan biarkan itu menjadi alasan Anda. Anda harus mengukir waktu untuk inovasi – itu tidak akan terjadi begitu saja. Banyak upaya yang telah dilakukan pemerintah untuk meningkatkan mutu tenaga kerja di Indonesia, antara lain dengan mendirikan pusat latihan kerja. Hal ini dilakukan untuk menciptakan tenaga kerja uang terampil inisiatif dan kreatif. Menurutnya, seharusnya Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan memastikan terlebih dahulu atau minimal mengecek kesiapan semua sekolah dalam hal PJJ sudah bisa dilaksanakan atau belum.

Tidak ada hambatan bekerja bagi pelajar

Djarot menambahkan jika KKN periode 2 dibatalkan, maka akan ada sekitar enam hingga tujuh ribu mahasiswa tertunda masa studinya. KKN daring merupakan alternatif mahasiswa untuk melakukan pengabdian di tengah pandemi. Namun bagi mahasiswa serta masyarakat, KKN daring menuai berbagai permasalahan dalam pelaksanaannya. Anak Berkebutuhan Khusus selain yang disebutkan diatas, juga mereka yang termasuk memiliki Cerdas Istimewa dan Bakat Istimewa . Pelayanan khusus nya adalah dengan menyelenggarakan program percepatan belajar dan pengayaan .

(Genta Andalas/Geliz Luh Titisari)Puncak ketegangan Munas BEM SI ke-XIV terjadi pada 31 Maret 2021, sebanyak 132 kampus yang memutuskan WO dan menyatakan mosi tidak percaya terhadap Panitia Munas. Ratusan kampus tersebut memilih untuk bersolidaritas bersama 18 kampus yang tidak diakui sebagai peserta Munas yang sah. Di lain hal, Wakil Rektor III Unand Insannul Kamil mengatakan bahwa kegiatan Munas terlaksana dengan lancar dan tidak terjadi kericuhan. Sementara itu, Wakil Presiden Mahasiswa Unand Dafiq Naskar menuturkan bahwa dari eleven kampus yang telah mendafar namun tidak diizinkan masuk uang pendaftarannya telah dikembalikan. Dari ke-eleven mahasiswa yang tidak diizinkan masuk, lima di antaranya enggan menyebutkan asal kampusnya, sehingga tidak diketahui letak kesalahan datanya.

Comments are closed.