Menguji Stimulus Fiskal Untuk Selamatkan Ekonomi Dari Pandemi

Menguji Stimulus Fiskal Untuk Selamatkan Ekonomi Dari Pandemi

Jumlah pekerja formal turun 39,fifty three persen menjadi 50,77 juta orang dari complete 128,45 juta penduduk yang bekerja. Sebaliknya, jumlah pekerja informal melonjak 60,forty seven persen menjadi seventy seven,sixty eight juta orang. Proyeksi tersebut berbeda dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati yang baru-baru ini melakukan revisi perkiraan pertumbuhan ekonomi untuk akhir tahun. Dilansir dari Harian Kompas, 21 Desember 1998, krisis ekonomi 1998 dimulai sejak setahun sebelumnya. Pertumbuhan ekonomi Indonesia minus selama 6 bulan di tahun 1997, dan berikutnya masih minus di sembilan bulan pertama tahun 1998.

Pemerintah harus bijak merespons perkembangan yang terjadi selama pandemi ini. WowKeren – Pandemi COVID-19 yang terjadi di Indonesia membawa dampak kepada masyarakat. Selama pandemi, pemerintah menerapkan kebijakan pembatasan aktivitas masyarakat, dan melarang untuk ke luar rumah jika tidak ada keperluan penting. Menyikapi ini, Wakil Ketua Umum Asosiasi Pertestilan Industri Anne Patricia Sutanto mengapresiasi langkah yang dilakukan pemerintah terhadap sektor industri pengolahan. Dia juga memberikan rekomendasi kepada pemerintah agar mendorong Perusahaan Listrik Negara dan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial memberikan keringanan pembayaran seiring dengan berkurangnya utilisasi industri. Anne juga meminta pemerintah terus mempromosikan produk Indonesia ke luar negeri.

Indonesia sudah mengalami krisis saat pandemi ini

Ekspor sektor pertanian mengalami kenaikan signifikan di masa pandemi Covid-19; dapat dilihat pada September 2020 meningkat 16,2% dan 20,8% . Selanjutnya, Sri Mulyani mengatakan sektor keuangan juga mengalami tekanan akibat pandemi ini. Yaitu perbankan dan perusahaan pembiayaan berpotensi mengalami persoalan likuiditas dan insolvency. Saya pelajari bahwa strategi industrialisasi harus berbasis pada sektor dan pelaku usaha yang melibatkan rakyat banyak, sekaligus menggunakan bahan baku lokal yang tersebar di seluruh daerah sesuai produk unggulan dan kearifan lokal. Kolaborasi antar pelaku usaha harus didukung oleh UMKM dan Koperasi yang kuat dan tangguh. Pemerintah telah merestrukturisasi anggaran belanja APBN dengan megalihkan anggaran belanja dari kegiatan yang tidak mendesak ke belanja penanganan Covid 19.

Penurunan suku bunga ini harus disambut baik di tengah masa pandemi Covid-19, yang menimbulkan ketidakpastian dan membuat para pelaku usaha merasa cemas dalam melakukan perputaran ekonomi. Dijelaskan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Belitung Timur Gustaf Pilandra, peran pers sangat membantu untuk memberi edukasi, kesadaran dan kebijakan kepada masyarakat. Penyampaian informasi terkait Covid-19 dan kebijakan yang dikeluarkan pemerintah harus dijelaskan secara rinci kepada masyarakat sehingga tidak menimbulkan multi tafsir karena informasi yang dikeluarkan tidak utuh dapat memicu timbulnya interpretasi yang berbeda di masyarakat.

Berikut rincian orang yang mengalami peningkatan kekayaan selama masa pandemic covid-19. Pandemi COVID-19 membuat berbagai sektor industri, termasuk jasa keuangan, menggenjot digitalisasi supaya tetap bertahan. Pada awal pandemi, kasus pengaduan kekerasan menurun karena mobilitas istri dan anak perempuan terbatas, sehingga sulit bagi mereka untuk mengakses lembaga bantuan. Di samping itu, banyak lembaga layanan tutup dan sistem pelaporan kekerasan berubah dari sistem guide ke sistem daring. Sementara ketidakstabilan finansial akibat pemutusan hubungan kerja membuat banyak pekerja laki-laki mengalami krisis maskulinitas yang memicu KDRT.

Ketika pada kuartal I lalu ekonomi masih bisa tumbuh 2,97 persen, Badan Pusat Statistik mencatatkan kuartal II laju kinerja perekonomian langsung terjun bebas ke degree minus 5,32 persen. Ia memaklumi hal ini karena kebijakan PSBB memang perlu diambil untuk mengelola perebakan Covid-19. Kuartal pertama 2021 ini baru bisa kita lihat dalam perkembangan dua minggu ke depan, mulai eleven Januari nanti,” ujarnya. Sementara, pengamat ekonomi politik dari Asosiasi Ekonomi Politik Indonesia , Salamuddin Daeng menilai pemerintah begitu gagap dalam menerjemahkan situasi perkembangan ekonomi international KKG628 Slot di saat pandemi Covid-19.” Masyarakat yang sadar dan turut berpartisipasi dalam mengelola sampah merupakan salah satu ciri untuk mewujudkan indikator sensible folks.

Comments are closed.