Malangnya Nasib Mahasiswa Magang Di Tengah Pandemi

Malangnya Nasib Mahasiswa Magang Di Tengah Pandemi

Beberapa guru berpendapat, jika hanya mengirim pesan berupa teks, lebih mudah dibandingkan dengan mengirim pesan berupa gambar atau video. Selain itu, beberapa siswa di daerah pedesaan yang kondisi keluarganya pas-pasan, tidak memiliki akses untuk pembelajaran daring, juga menjadi kendala yang sering ditemui guru. Dalam pembelajaran daring, guru lebih memilih aplikasi Whatsapp sebagai sarana pembelajaran daring. Guna memantau perkembangan belajar siswa, setiap guru memiliki grup kelas yang digunakan untuk melaksanakan dan memantau pembelajaran daring. Melalui penggunaan aplikasi Whatsapp guru dapat mengirimkan berbagai macam tugas, dengan berbagai format dokumen, mulai dari Ms. Word, Ms. Power Point, hyperlink video, pesan suara, dan lain sebagainya. Selain melakukan pembelajaran daring menggunakan Whatsapp, guru juga meminta siswa untuk senantiasa memanfaatkan portal rumah belajar yang disediakan oleh Kemendikbud melalui siaran televisi sebagai sarana pembelajaran daring.

Hal ini merupakan bukti bahwa jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Bali diperhitungkan di level Nasional. Bapak I Ketut Parnata yang menjabat sebagai wakil ketua MATA Indonesia mengatakan kesempatan ini harus di manfaatkan sebaik-baiknya untuk menunjukkan peranan Jurusan Akuntansi PNB dalam berkontribusi menjadi SDM Unggul Indonesia Maju. LSP TA merupakan lembaga sertifikasi profesi teknisi akuntansi dibawah Badan Basional Sertifikasi Profesi. Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Bali yang berkolaborasi dengan Direktorat Jenderal Pajak dan juga Ikatan Konsultan Pajak Indonesia mengadakan webinar terkait dengan strategi penerapan insentif perpajakan dan aspek akuntansi di period new regular. Dalam webinar ini menghadirkan three pembicara di masing-masing instansi tersebut. Semoga dengan diadakannya kegiatan Binas Desa ini BUMDes Gunung Salak dapat berkembang dan dapat mendorong perekonomian warga desa sehingga memperoleh keuntungan yang maksimal.

Untuk itu, DPkM mengimbau mahasiswa untuk mengerjakan semampunya saja. Dalam pemaparan Abduh, pihak DPkM terkesan membandingkan hasil program KKN daring yang dilakukan peserta periode 2 dengan periode 6. Ia mengatakan periode yang dilakukan dalam rentang bulan Mei hingga Juni lalu itu dianggap periode percobaan yang sukses oleh DPkM.

Dia mengatakan bahwa pendidikan bukan hanya tanggung jawab guru, tetapi juga tanggung jawab semua unsur masyarakat. Menurut dia, masa pandemi ini memiliki hikmah untuk membuat gerakan agar semua orang bisa menjadi guru untuk anak-anak agar proses pendidikan tidak terhenti meskipun terdapat beragam kendala. Presiden Indonesia Joko Widodo dalam pidatonya mengintruksikan untuk masyarakat Indonesia mengurangi kegiatan di luar rumah yang tidak penting. Termasuk menerapkan sistem kerja work at home dan sekolah serta kuliah secara online. Ini merupakan langkah strategis yang diambil pemerintah untuk pencegahan wabah virus corona yang semakin meluas di Indonesia saat ini. Keadaan situasi kegiatan belajar mengajar dikelas lebih kuat karena guru berada di kelas memberikan suatu motivasi dan menata kembali serta memperbaiki pendidikan bagi siswanya menjadi lebih baik.

Tidak ada hambatan bekerja bagi pelajar

Bayangkan saja keluarga yang terkena PHK, tentunya akan merasakan kesulitan ekonomi. Ditambah lagi anak-anaknya yang sekolah harus mengikuti pembelajaran daring dengan biaya pembelian kuota cukup mahal. Jangankan untuk beli kuota, bisa beli beras dan kebutuhan sehari-hari saja sudah sangat bersyukur. Salah satu mahasiswa KKN Peduli Pendidikan UGM periode tujuh tahun 2020, Luthfi Indrayani menceritakan ia bersama rekan-rekannya melaksanakan KKN tematik peduli pendidikan sejak 1 Agustus hingga 10 Oktober 2020.

Ketika para responden ditanyakan apakah selama proses pembelajaran di kelas mereka menekankan pada pendekatan keahlian bahasa yang terpadu atau hanya menekankan pada satu atau beberapa aspek tertentu saja. Hasil data yang diperoleh menunjukkan bahwa mereka sendiri mempunyai pendapat yang berbeda. Saya pikir perbedaan mereka ini dikarenakan keterbatasan bahan pengajaran dan metode dari responden. Pembelajaran jarak jauh yang dilakukan guru lewat media online seperti Whatsapp, Google Meet, Google Form dan jenis lainnya.

Seperti yang dilansir dalam survei penelitian SMRC Jakarta, mayoritas warga masyarakat merasa kondisi ekonomi masa Covid-19 semakin berat. Responden menilai, bahwa kondisi ekonomi nasional saat ini terasa semakin berat dibanding yang dirasakan Mei 2020, bahkan terberat dalam 20 tahun reformasi. Atur waktu dengan baik supaya bisa menambah kegiatan yang bisa meningkatkan keterampilan. Mulai dari hobi atau pada skala prioritas yang harus dikerjakan dan dikembangkan.

Guru harus siap dengan materi dan orangtuapun harus mampu dan mau mendampingi anak belajar di rumah. Walaupun tak banyak guru maupun orangtua siswa yang siap dengan peralihan ini. Untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional, pembelajaran daring maupun luring mulai diterapkan di dunia pendidikan. Jika dilihat dari KBBI Kemendikbud, daring adalah akronim dalam jaringan, terhubung melalui jejaring computer Slot Online Terbaik, web, dan sebagainya. Di period new regular, guru dan siswa melakukan kegiatan belajar dan mengajar secara daring, termasuk pada saat pemberian tugas. Zoom assembly, google meet, WhatsApp dan banyak lagi cara lain yang dilakukan agar dapat berkomunikasi dengan siswa.

Comments are closed.