Dampak Infeksi Virus Corona Pada Anak Berpotensi Lebih Lama, Kok Bisa? Halaman All

Dampak Infeksi Virus Corona Pada Anak Berpotensi Lebih Lama, Kok Bisa? Halaman All

Berdasarkan knowledge, 60 persen kasus virus corona dialami oleh rentan usia dari tahun. Kondisi tersebut dapat meningkatkan risiko anak- anak kehilangan orang tua karena Covid-19. Minggu pertama di bulan maret saat pertama diberlakukannya pembelajaran jarak jauh terdapat permasalahan yang sangat umum ditemukan yaitu penguasaan teknologi baik dari pihak sekolah, guru, siswa dan orang tua. Pendidikan karakter melalui sekolah jarak jauh di saat peserta didik sedang faculty from residence dapat tetap dikawal dan dikontrol oleh para guru. Ada banyak karakter positif yang dapat dikembangkan oleh guru sesuai kompetensi inti dari kurikulum 2013 seperti memiliki sifat relijius, jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, toleransi, gotong royong, santun, percaya diri, dll. Guru dapat mengembangkan lembar kontrol untuk diberikan kepada peserta didik dan untuk orang tua.

Dampak covid bagi anak-anak

Kementerian Agama dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memberikan pelatihan dan dukungan dalam berbagai bentuk bagi para guru yang memanfaatkan platform pembelajaran daring. Kemenag telah melakukan adaptasi terhadap aplikasi e-learning-nya, yang awalnya dirancang untuk mendukung pembelajaran di kelas, hingga dapat menyelenggarakan pembelajaran secara daring. Platform tersebut memungkinkan guru untuk mengunggah materi Game Slot Online dan tugas pembelajaran sementara siswa dapat menyerahkan hasil belajar mereka, dan saat ini fitur-fitur tersebut sedang dikembangkan lebih lanjut. Kehadiran mahasiswa KKN pada saat ini tentu memberikan napas segar bagi anak-anak sekolah, guru, bahkan orang tua untuk membantu proses pendampingan belajar jarak jauh di rumah. Tidak hanya bagi mereka, kegiatan pendampingan belajar ini pun sangat bermanfaat bagi mahasiswa KKN.

Saat ini masyarakat semakin menyadari pentingnya memberikan pendidikan yang terbaik kepada anak-anak mereka sejak dini. Untuk itu orang tua memegang peranan yang sangat penting dalam membimbing dan mendampingi anak dalam kehidupan keseharian anak. Sudah merupakan kewajiban para orang tua untuk menciptakan lingkungan yang kondusif sehingga dapat memancing keluar potensi anak, kecerdasan dan rasa percaya diri.

Usahakan anak memiliki rutinitas yang saat setiap hari, seperti bangun tidur makan, bermain, belajar dan tidur malam. Itu sejalan dengan survei Komnas Perempuan yang dilakukan bulan April-Mei 2020 yang lalu menunjukkan angka kekerasan dalam rumah tangga terjadi pada eighty persen keluarga dengan penghasilan di bawah Rp 5 juta per bulan. Tidak hanya terhadap fisik, pandemi Covid-19 juga berdampak terhadap perkembangan psychological anak. Hal ini terjadi karena keterbatasan interaksi dan banyaknya aturan baru juga dapat memberikan dampak tingkat stres pada anak. Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia , Retno Listyarti sendiri tidak menampik ihwal kemungkinan meningkatnya kasus kekerasan terhadap anak selama pandemi.

Lebih dari 60.684 anak terinfeksi SARS CoV-2 di Maharashtra dalam rentang waktu yang disebutkan di atas. Ditegaskan Aries pula demi kesehatan anak BPOM harus bertindak,” masukan buat BPOM agar tidak hanya memperhatikan soal produk tapi kemasan dan kebersihan kemasan saat distribusi juga harus diperhatikan mengenai aspek kebersihannya,” ungkapnya. Dia mencontohkan sebuah pabrik mobil yang dibangun di Sakarya, Turki didesain dengan fasilitas tahan gempa sehingga ketika gempa terjadi pabrik tetap bertahan. Akan tetapi Kawasan tempat asal pekerja tidak memiliki fasilitas tahan gempa sehingga saat dilanda gempa terjadi kerusakan. Kondisi ini berdampak pada pabrik yang memiliki bangunan tahan gempa tidak dapat beroperasi karena rumah pekerjanya rusak akibat bencana. Pandangan masalah kualitas udara di luar yang buruk tidak akan memasuki ruang tertutup seperti rumah atau gedung itu tidak benar.

Oleh karena itu, kerja sama kolaboratif berbagai pihak sangat diperlukan untuk kegiatan pendampingan belajar ini. “Protokol perlindungan anak lintas sektor ini secara khusus bertujuan untuk mempercepat penanganan COVID – 19 pada anak. Hal ini tidak terlepas pada upaya agar anak-anak dan remaja aman, dengan memerhatikan dan mencegah risiko, serta menangani dampak kekerasan, perlakukan salah, eksploitasi, dan penelantaran. Bahkan diduga akan banyak pengetahuan yang hilang jika anak tidak mendapat fasilitas dan bantuan dengan segera. Ilustrasi keluarga bahagia – Berikut tips untuk para orang tua dalam mengatasi stres yang dialami anak-anak akibat dampak pandemi Covid-19. Misalnya saja di beberapa sekolah Islam, yang menekankan pendidikan karakter dengan kegiatan peribadatan seperti sholat sunnah dan wajib secara berjama’ah, atau pengajian Al Quran, otomatis saat ini tidak bisa melakukan kegiatan tersebut, karena siswa-siswa harus belajar di rumah.

Comments are closed.