8 Cara Mencegah Penularan Virus Corona Pada Lansia

8 Cara Mencegah Penularan Virus Corona Pada Lansia

Jaga kesehatan lansia dengan memberikan makanan yang sehat dan tentunya higienis. Pilihlah makanan dengan gizi seimbang yang mengandung protein, lemak baik, karbohidrat kompleks, serat, serta vitamin dan mineral. Sebagai orang yang merawat atau kontak langsung dengan lansia, kamu sendiri harus lebih berhati-hati dalam melindungi diri dari virus Corona.

Orang yang sakit COVID-19 dan orang-orang yang berisiko direkomendasikan untuk membatasi kontak dengan hewan pendamping dan hewan-hewan lain. Saat menangani dan merawat hewan, langkah-langkah kebersihan dasar harus selalu dilaksanakan termasuk mencuci tangan setelah memegang hewan, makanan, atau persediaan mereka, serta menghindari mencium, menjilat, atau berbagi makanan. Perlu dipahami bahwa terjadi kekurangan ketersediaan masker di seluruh dunia . Masker medis harus dialokasikan sebanyak mungkin untuk tenaga kesehatan. • Jika Anda demam, batuk, dan kesulitan bernapas, segeralah cari pertolongan medis dan tetap memberitahukan kondisi Anda terlebih dahulu. • Pastikan Anda dan orang-orang di sekitar Anda menjalankan etika batuk dan bersin dengan cara menutup mulut dan hidung dengan siku terlipat atau tisu saat batuk atau bersin, segera buang tisu bekas tersebut.

Hal ini bisa jadi karena mereka kurang teredukasi soal vaksin,” ujar psikolog Ikhsan. Program vaksinasi COVID-19 tengah gencar dijalankan di Indonesia. Yang lebih miris, keengganan untuk disuntik ini datang dari golongan rentan, yakni lansia. Jika Anda disarankan untuk membawa seorang lansia ke fasilitas kesehatan, hindari menggunakan transportasi umum. Jika ada masker, baik lansia maupun pendampingnya harus mengenakan masker.

Saran bagi lansia yang terkena Covid

Laju kematian world yang mencapai sebesar 4,three persen, sebagian besarnya mengenai kelompok usia lanjut 8-15 persen dan pasien dengan penyakit penyerta, seperti kardiovaskular, diabetes, penyakit paru kronis, hipertensi, kanker, dan autoimun. “Anda bisa tanya ke petugas pelayanan kesehatan untuk mengetahui aktivitas yang cocok dengan kondisi fisik saat ini. Olah raga yang rutin dapat membentuk ketahanan, kelenturan, dan kesehatan tubuh di saat pandemi,” tulis WHO. Untuk mengurangi potensi tersebut, Badan Kesehatan Dunia mengeluarkan panduan gaya hidup bagi lansia agar tetap sehat di era Slot 2021 pandemi virus Corona. Simak beberapa saran dan panduan dari World Health Organization yang dapat diikuti oleh orang lanjut usia guna memperkuat sistem kekebalan tubuh agar terhindar dari virus Corona.

Karenanya, misal Anda dapat mencari berita terbaru sekali atau dua kali saja dalam sehari. Ia menyampaikan bahwa tujuan dari dilaksanakannya vaksinasi ini ialah untuk membentuk kekebalan tubuh kepada diri setiap penerima vaksin sehingga dapat mencegah terinfeksi COVID-19. Saat ini, tidak ada cukup bukti untuk menyarankan atau mencegah penggunaan masker oleh orang sehat di masyarakat. Namun, WHO secara aktif terus mengikuti pengetahuan yang terus berubah mengenai penggunaan masker dan terus memperbarui panduannya. Meskipun beberapa pengobatan barat, tradisional, maupun buatan rumahan dapat meringankan dan mengurangi gejala ringan COVID-19, tidak ada obat yang terbukti dapat mencegah atau menyembuhkan COVID-19.

Jika Anda curiga seseorang terinfeksi COVID-19, mintalah orang tersebut untuk berdiam di rumah dan mengisolasi diri dari anggota keluarga mereka sebisa mungkin. Anda juga harus menghubungi fasilitas kesehatan setempat dan mengikuti saran yang diberikan. Kelompok masyarakat, komunitas lansia, dan para individu harus memastikan mereka memiliki informasi tentang fasilitas kesehatan di daerah mereka dan ke mana harus mencari bantuan terkait COVID-19. Pertimbangkan cara agar Anda dapat memantau situasi di komunitas Anda dan menyampaikan informasi ini dengan para pemangku kepentingan utama.

Hal ini berguna untuk meyakinkan para lansia bahwa vaksin ini terbukti aman dan berdampak positif bagi tubuh manusia,” kata Ikhsan. Yang perlu dicatat, lansia dengan penyakit komorbid tertentu perlu berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter terkait kondisi mereka. Orang-orang yang masih enggan divaksin ini merasa kurang yakin suntikan yang diberikan aman dan efektif untuk mengatasi pandemi virus corona ini.

Berada di rumah setiap hari bisa membuat siapa saja bosan, tak terkecuali lansia. Agar mereka tidak merasa jenuh, ajari cara menggunakan gadget atau gawai. Melalui gadget, mereka bisa melakukan panggilan video dengan keluarga yang tidak tinggal serumah atau kerabatnya, tanpa perlu bertatap muka langsung. Bila memang membutuhkan konsultasi dengan dokter, lakukan secara on-line melalui aplikasi kesehatan yang memiliki fitur chat langsung dengan dokter, misalnya aplikasi ALODOKTER.

Salah satu penyebabnya karena vaksinasi COVID merupakan hal yang baru di masyarakat. Jika Anda mengenal tetangga yang berusia lanjut atau memiliki kondisi kesehatan lain, hubungi mereka, idealnya melalui telepon. Anda juga dapat mengirim surat untuk menawarkan bantuan dengan menyelipkannya lewat pintu.

Comments are closed.