7 Kebijakan Ekonomi Untuk Hadapi Pandemi Covid

7 Kebijakan Ekonomi Untuk Hadapi Pandemi Covid

Permasalahannya adalah sekarang ini jumlah petani di Indonesia banyak yang tergolong masuk ke usia tua, minim sekali jumlah petani yang berasal dari kalangan milenial. Mirisnya, penggusuran dan kriminalisasi terhadap petani juga kerap terjadi, bahkan pada masa-masa pandemi seperti ini yang diharapkan masyarakat dapat saling berempati satu sama lain. Lahan pertanian kerap kali dialihfungsikan untuk keperluan tambang dan yang lainnya. Akibatnya, lahan untuk bertani menjadi semakin sempit bahkan lahan pertanian menjadi rusak tercemar oleh limbah-limbah dari tambang maupun pabrik.

Pada Mei 2020, berdasarkan hasil pendataan gabungan Tim Satgas Gotong Royong dan Relawan , terdapat banyak warga Desa D yang secara ekonomi terhempas. Hasil pendataan ini menetapkan bahwa 171 rumah tangga akan mendapatkan Bantuan Langsung Tunai dari Dana Desa dan 900 rumah Depo E-money tangga diusulkan mendapatkan Bantuan Sosial Tunai dari Dinas Sosial setempat. Dijelaskan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Belitung Timur Gustaf Pilandra, peran pers sangat membantu untuk memberi edukasi, kesadaran dan kebijakan kepada masyarakat.

Adanya integrasi dalam finansial memberikan manfaat terhadap negara anggota. Terdapat perluasan skala dan peluang untuk finansial intermediasi yang menyebabkan biaya lebih hemat karena adanya persaingan, pasar regional juga lebih mampu mengatasi resiko idiosyncratic. Yang jelas, globalisasi membuat koordinasi kebijakan moneter seperti menjaga keterbukaan pasar modal internasional, suku bunga, dan pencegahan cross-border effects terhadap nilai tukar dan aliran modal menjadi sangat perlu untuk diwujudkan. Langkah yang dilakukan oleh Pemprov Babel yakni mulai membuka sektor pariwisata dengan ketentuan protokol kesehatan yang ketat serta memiliki konsep pemberdayaan masyarakat sekitar untuk mendorong daya beli masyarakat. Kemudian di sektor pertanian, perternakan, tanaman pangan, holtikultura, dan perikanan, Pemprov Babel mendorong sistem pertanian melalui pola mandiri dan berbasis koorporasi dengan penanaman padi di area Bangka dan Belitung.

Banyak yang sedang mengalami krisis pada saat pamdemi

Di sisi lain, Pemprov DKI Jakarta menggulirkan bantuan sosial terhadap warga yang terdampak Covid-19. Hal itu bentuk tanggung jawab Pemprov DKI Jakarta sebagai bagian dari negara dalam menjaga keseimbangan penanggulangan Covid-19 dengan ikhtiar penerapan PPKM Darurat. Ia menambahkan, semua hal mengalami perubahan tatanan termasuk dalam aspek pendidikan.

Memang jumlahnya sangat banyak, untuk memastikan sekitar 3 jutaan guru di Indonesia memiliki kompetensi yang memadai dalam memanfaatkan teknologi tentu bukan perkara mudah. Kompetensi minimal TIK guru degree 2 harus segera diwujudkan termasuk kemampuan melakukan vicon dan membuat bahan ajar on-line. Level 2 ini merupakan pengelompokan komptensi TIK guru yang ideal berdasarkan Teacher ICT Competencies Framework oleh UNESCO. Level tertinggi adalah stage four dimana guru sudah mampu menjadi trainer bagi guru yang lain. Jika kompetensi guru sudah level2, maka guru akan mampu menyiapkan sistem belajar, silabus dan metode pembelajaran dengan pola belajar digital atau online. Pandemi Covid-19 memaksa kebijakan social distancing, atau di Indonesia lebih dikenalkan sebagai physical distancing untuk meminimalisir persebaran Covid-19.

Berikutnya dalam situasi kedua di mana vaksin telah ditemukan tapi belum didistribusikan sepenuhnya dan tujuan nasional berfokus untuk mulai mengembangkan ekonomi, terdapat beberapa kebijakan yang dapat diberlakukan. Kebijakan yang diberlakukan mulai bersifat ekspansif untuk kembali menstimulus perekonomian nasional. Masa transisi ini justru menjadi masa yang krusial karena masyarakat harus siap dalam menyambut tatanan sosial ekonomi yang akan segera kembali regular.

Comments are closed.