Tingkatkan Tumbuh Kembang Anak Di Era New Normal

Tingkatkan Tumbuh Kembang Anak Di Era New Normal

Anak yang tinggal di lingkungan yang banyak anak kecil seusianya dan mereka bisa bermain, tidak perlu ikut prasekolah seperti kelompok bermain atau TK A. Sementara, TK B agak penting karena cenderung memberi pengenalan dan pesiapan untuk memasuki SD. Perlu atau tidak anak mengikuti kegiatan prasekolah disesuaikan dengan kondisi dan keadaan, seperti dimana tempat anak itu tinggal, maupun ada tidak seseorang yang memberikan stimulasi. Jangan biarkan ini terus dilanjutkan karena akan merugikan orang tua, anak, bahkan orang-orang di sekitar. Masa depan anak menjadi bergantung pada keputusan kita saat ini untuk tidak mudah diperbudak oleh gadget. Setelah lahir, pemberian nutrisi asam lemak omega-3 dari ikan misalnya, bermanfaat membantu otak si kecil tumbuh cerdas.

“Pelaksanaan rangkaian bimtek bersertifikat ini merupakan pertama kalinya kami laksanakan sejak diinisiasi pada 2016, mengingat dalam kondisi pandemi ini, posisi orangtua menjadi lebih rapuh dan rentan. Tantangan yang dihadapi juga semakin berat dalam memberikan pengasuhan optimum bagi anak. Melalui bimtek ini, kami harap PUSPAGA sebagai garda terdepan pejuang keluarga dapat membantu para orangtua untuk memperkuat pengasuhan anak Indonesia,” ungkap Rohika. Selain itu, hak perlindungan anak selama masa pandemi Covid-19 pun menjadi terdampak. Menurut Prof. Meita Dhamayanti, hal ini terjadi karena pembatasan sosial dapat berefek pada situasi ekonomi yang memburuk dengan tingginya tingkat pengangguran. Terkait vaksin Covid-19, Prof. Meita Dhamayanti mengatakan bahwa setiap individu akan mendapatkan vaksin tersebut sesuai dengan kebutuhannya.

Namun, secara pendewasaan diri, pola pikir anak perempuan lebih cepat matang, terutama saat ia memasuki masa remaja. Sementara untuk anak laki-laki, proses pendewasaan dirinya butuh waktu lebih lama dibanding anak perempuan. Ini dapat dipisahkan menjadi keterampilan motorik besar serta keterampilan motorik kecil . Meletusnya perang dunia pertama, menyebabkan banyak anak yang menjadi korban, mereka mengalami kesengsaraan, hak-hak mereka terabaikan dan mereka menjadi korban kekerasan. Dengan berakhirnya perang dunia, tidak berarti kekerasan dan pelanggaran hak-hak anak berkurang.

Merencanakan dan melaksanakan kursus pelatihan untuk berbagai kelompok masyarakat seperti orang tua, tokoh-tokoh masyarakat, kelompok remaja tentang strategi-strategi pencegahan, keterampilan mengasuh anak, pelatihan kerja untuk anak-anak remaja dan lainlain. Di setiap tahapan tersebut, mereka akan menunjukkan sebuah kebiasaan yang baru. Bila Mums dan Dads bisa mengarahkan dengan penuh kesabaran, kebiasaan yang bagus Kakek Merah akan terbentuk. Karenanya, tidak jarang orang tua akan menemukan keahlian spesifik yang bisa dikembangkan. Pilihan makanan dan nutrisi bagi bayi dan anak merupakan tantangan yang kompleks dan perlu mempertimbangkan berbagai macam faktor, termasuk sosial-ekonomi, lingkungan dan budaya. Diperlukan pendidikan yang berkelanjutan untuk memastikan pengetahuan yang memadai mengenai kecukupan nutrisi dan nutrisi yang sehat.

Banyak terjadi permasalahan dalam tumbuh kembang anak

Pandemi covid-19 memang memberikan ancman memburuk kondisi kesehatan anak-anak remaja, bahkan juga kesehatan jiwa/psikis anak. Hal ini disebabkan karena menurunnya pelayanan kesehatan dasar serta pemantauan kondisi gizi dan tumbuh kembang anak. Layanan posyandu yang sempat tutup dalam waktu lama, banyaknya kasus pelayanan Puskesmas dan Rumah Sakit yang tutup akibat tenaga kesehatannya yang terpapar covid mememberi dampak negatif bagi kesehatan balita dan ibu hamil. Padahal Puskesmas dan Posyandu merupakan lini utama yang paling dekat dan mudah dijangkau masyarakat. Selama pandemi Covid-19, menurut knowledge dari Kementerian Kesehatan tahun 2020, sebanyak eighty three,9 persen pelayanan kesehatan dasar tidak bisa berjalan dengan optimum, terutama Posyandu. Akibatnya banyak ibu hamil yang tidak mendapatkan pelayanan antenatal yang memadai dan balita kurang terpantau perkembangan kesehatan dan pertumbuhannya.

Comments are closed.