Pemerintah Dorong Peningkatan Sektor Pangan Dan Pertanian Untuk Kesejahteraan Masyarakat Indonesia

Pemerintah Dorong Peningkatan Sektor Pangan Dan Pertanian Untuk Kesejahteraan Masyarakat Indonesia

Maria Ulfah Anshor mengatakan bahwa di masa pandemi hampir semua aktifitas dilakukan di dunia maya. Dengan demikian, pada saat-saat tertentu, para pelaku berinteraksi dengan lawan jenisnya tidak lagi secara fisik tapi juga on-line. Kekerasan di dunia maya, yang kebanyakan dilakukan pacar atau mantan pacar, naik drastis saat pandemi.

Indonesia sudah mengalami krisis saat pandemi ini

Keadaan ini membuat beberapa aktivitas yang melibatkan perpindahan manusia sangat dibatasi dan berimbas pada menurunnya aktivitas ekonomi konvensional. Hal ini akan memberikan dampak pada pekerja rentan seperti pengemudi ojekonline,supir angkutan umum, pedagang kecil, buruh harian, dan semacamnya yang mendapatkan penghasilan dari aktivitas rutin harian. Krisis kesehatan mendorong pemerintah di banyak negara membuat kebijakan lockdown.

Di masa pandemi international virus corona ini, setidaknya ada dua “perang” yang dihadapi oleh negara-negara di dunia sekarang, yakni melawan virus itu sendiri dan berusaha mengendalikan krisis ekonomi di dalam negeri. Berbagai negara maju, negara berkembang, rising international locations, maupun negara terbelakang, mengalokasikan sumber dananya untuk peningkatan pelebaran defisit. Pada krisis ekonomi tahun 1998, UMKM bertindak sebagai penyelamat perekonomian Indonesia tapi pada krisis kesehatan publik sekarang ini justru UMKM yang menderita paling berat. Kondisi krisis ekonomi bisa memicu adanya aksi huru-hara, kejahatan, dan juga kekerasan. Menurunnya daya beli dan meningkatnya biaya hidup tak jarang akan mendorong manusia untuk melakukan hal nekat, seperti mencuri, mencopet, dan melakukan penjarahan. Kondisi ini jelas akan mengganggu kondisi stabilitas keamanan yang sangat meresahkan masyarakat.

Tetap berpikir positif dan optimis sebagai upaya mengatasi musuh terbesar masyarakat yaitu ketakutan serta kepanikan. Dampak dari terjadinya wabah Covid-19 ini bukan hanya sekadar penyakit yang mempengaruhi kesehatan, namun juga dampak secara ekonomi. Dalam kasus ini, ketika semakin banyak pekerja yang terinfeksi maka semakin banyak pula biaya untuk KKG628 Slot perawatan dan juga biaya produksi yang tertanggung. “Kalau 20 tahun lalu krisis 1998 dipicu oleh nilai tukar, maka sekarang bisa dipicu oleh APBN yang berat digabung dengan krisis pandemi,” imbuh Didik. Meskipun kondisi saat ini sulit dan menimbulkan tingkat ketidakpastian yang tinggi, informasi tentang KKE yang berguna tetap dapat dihasilkan.

Kuartal II merupakan puncak dari semua kelesuan ekonomi karena hampir seluruh sektor usaha ditutup untuk mencegah penyebaran virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19. PSBB sebagai langkah penanganan pandemi Covid-19 yang diterapkan pada sejumlah daerah di Indonesia merupakan faktor yang menyebabkan kontraksi pertumbuhan ekonomi pada pada triwulan II 2020. Belum lagi persoalan kesehatan jiwa/non fisik yang dialami anak-anak Indonesia akibat pandemi ini. Dari mulai kejenuhan akibat harus selalu berada di rumah dan tidak bisa bermain dengan teman-teman di luar, pembelajaran yang harus dilakukan secara daring yang menimbulkan persoalan tersendiri, maupun ikut terdampak dari tekanan ekonomi yang dialami orang tuanya akibat pandemi ini. Kementerian PPA mencatat dalam four bulan pertama pandemi covid-19 di Indonesia, terjadi four,116 kasus kekerasan pada anak baik dalam bentuk kekerasan fisik, psikis, seksual, ekploitasi, trafficking dan penelantaran. Dalam kurun waktu three tahun sejak 2017 jumlah pekerja anak meningkat hingga 0,4 juta.

Dengan terbatasnya demand karena mobilitas berkurang dan masyarakat sedang menderita ekonominya, harga akan tertekan. Pada beberapa kasus, terjadi anomali ketika harga mengalami penurunan di tingkat petani tetapi mengalami kenaikan di tingkat konsumen. Pemasaran on-line masih belum menjadi solusi yang merangkul sebagian besar petani di pelosok-pelosok. Survei terbatas yang dilakukan Yayasan Odesa Indonesia di pasar-pasar utama Jawa Barat menunjukkan bahwa sekitar 50% pedagang produk-produk pertanian sudah pulang kampung karena mengalami kerugian. Hanya sedikit yang masih bertahan mengandalkan keuntungan 20 ribu sampai 30 ribu rupiah per-hari.

Dengan angka kematian yang sudah tercatat, sistem kesehatan dan pendidikan yang terganggu, keluarga-keluarga rawan jatuh miskin, dan peningkatan risiko kekerasan, dibutuhkan aksi segera agar krisis kesehatan ini tidak menjadi krisis hak-hak anak. Pemerintah juga menyiagakan anggaran Rp 25 triliun untuk melakukan operasi pasar bila ada lonjakan harga pokok nantinya. Selain itu, stimulus ekonomi untuk pelaku usaha dan UMKM diberikan dengan menggratiskan PPh 21 bagi pekerja sektor pengolahan dengan penghasilan maksimal Rp 200 juta per tahun. Kemudian, pembebasan PPN impor untuk pengusaha yang melakukan impor dengan tujuan ekspor, terutama bagi industri kecil dan menengah. Sri Mulyani mengatakan, sektor rumah tangga akan mengalami tekanan dari sisi konsumsi, karena masyarakat sudah tidak beraktivitas di luar rumah sehingga daya beli pun menurun.

Secara umum, pemerintah tetap akan melanjutkan program pemulihan ekonomi nasional dengan fokus kepada dukungan penanganan kesehatan, perlindungan sosial, sektoral kementerian/lembaga dan pemda, UMKM, pembiayaan korporasi, dan insentif usaha. Dalam upaya menjaga kestabilan ekonomi selama pandemi, Indonesia mengandalkan kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan serta stimulus ekonomi untuk mendorong peningkatan konsumsi rumah tangga dan mencegah terjadinya lonjakan pengangguran. “Sayangnya, kedua upaya tersebut belum membuahkan hasil yang menggembirakan,” kata Agus. Ketersediaan vaksin pun tampaknya menjadi jalan utama menuju pemulihan ekonomi dan kesehatan masyarakat akibat pandemi COVID-19.

Comments are closed.