Lakukan Hal Ini Saat Memberi Nasihat Dan Teguran Pada Anak

Lakukan Hal Ini Saat Memberi Nasihat Dan Teguran Pada Anak

Saat ingin membantu anak membangun rasa percaya dirinya sebaiknya menggunakan komunikasi yang baik dan biarkan mereka membuat pilihannya sendiri. Orang tua dibelahan dunia manapun menginginkan anaknya adalah yang terbaik dalam segala hal. Untuk mencapai keadaan tersebut diperlukan cara atau usaha yang salah satunya adalah melalui pendidikan. Pendidikan secara hakiki menjadi bagian yang tidak terpisah dari berbagai kebutuhan dasar manusia. Pendidikan merupakan hajat orang banyak dan akan menjadi penting bagi setiap manusia. Semakin tinggi tingkat pendidikan seseorang, maka semakin luas wawasannya, pola pikir dan perilakunya.

Secara umum dalam membesarkan anak perempuan atau laki-laki memang sama, namun untuk anak perempuan diperlukan pendekatan yang lebih unik. Ini karena kelak saat dewasa mereka juga akan mendidik anak-anaknya yang akan menjadi generasi muda berkualitas di Tanah Air. Binky adalah seorang Psikolog Pendidikan yang menyelesaikan masa studinya di Universitas Indonesia, Fakultas Psikologi.

Berikan pujian, pengakuan dan penghargaan yang tulus kepada mereka. Tunjukkan betapa kita sungguh bergembira atas kehadiran anak – anak kita. Ubahlah waktu mengerjakan tugas harian menjadi second yang berharga dan istimewa.

Cara agar anak mau mendengar nasihat orang tua

Pola komunikasi yang buruk antara orang tua dan anak menjadi faktor yang tak boleh dilupakan, menurut Gracia Ivonika, M. Psi., Psikolog. Tips lain yang bisa dilakukan supaya anak nurut dengan orang tua adalah usahakan agar selalu ‘satu suara’ dengan pasangan. Ketika Ayah dan Ibu kompak dalam mendidik dan memberikan aturan pada anak, si kecil akan lebih mudah untuk mematuhi. Sebaiknya nasehat orang tua tidak menyalahkan, memberikan labeling negatif atau marah-marah saat anak belum melakukan apa yang diminta. Ketiga, minta anak mengulangi kembali apa yang nasehat orang tua katakan untuk memastikan bahwa anak paham dengan apa yang didengarnya. Jika anak sudah menyampaikan kembali apa yang seharusnya dia lakukan, berarti dia telah memahaminya dengan baik.

Karena cara mendidik anak yang paling efektif adalah dengan memberinya teladan lewat perilaku sehari-hari, bukan melalui nasehat-nasehat panjang yang mungkin membuat anak merasa jenuh mendengarnya. Cara mendidik anak perempuan yang beranjak dewasa perlu dilakukan dengan sensible untuk menghindari konflik yang dapat merenggangkan hubungan dengan buah hati. Hal terakhir yang juga enggak kalah penting adalah dengan memberikan instruksi yang tegas pada anak. Meskipun tegas, mothers juga harus tetap memberikan intrusk dengan penuh kasih sayang. Hindari nada suara tinggi seperti berteriak-teriak sehingga anak lebih nyaman untuk menaati nasihat orang tua.

Alih-alih mengomel, berteriak, atau membentak agar si Kecil mau mendengar nasihat Anda. Sebaiknya kita sebagai orang tua mesti menjalin komunikasi Kong4D yang baik dengan anak. Dari diskusi, kita akan tahu apa yang menjadi masalah dan akan mendapatkan solusi sebagai jalan keluar.

Paling tidak Anda harus mengenal teman-teman dekat buah hati, termasuk orang tua mereka. Anda juga perlu memberi masukan mengenai pergaulan dengan lawan jenis. Manfaat memarahi anak dapat dirasakan jika disampaikan dengan benar. Jelaskan kepada anak mengapa mendorong teman tidak baik dan cara yang benar untuk meminta jalan adalah dengan memintanya bergeser.

Kamu dapat melaporkan komentar, pesan, dan foto yang menyakitkan dan meminta media sosial tersebut untuk menghapusnya. Kedua, kita bisa berupaya mendorong perilaku dan interaksi positif dengan memberitahukan fitur untuk dapat digunakan di Facebook dan Instagram. Restrict atau Batasi adalah salah satu cara untuk membantumu secara diam-diam melindungi akun sambil tetap mengawasi pelaku bully. Pertama, dengan menggunakan teknologi untuk mencegah orang mengalami dan melihat bullying.

Hindari menasihati anak dengan luapan emosi, sehingga kata-kata yang Anda gunakan terasa rumit serta panjang lebar. Cobalah mulai sekarang Anda harus menggantinya dengan kalimat yang mudah dicerna, dengan sebelumnya Anda memikirkan dulu kalimat yang sederhana sesuai dengan kemampuan si Kecil untuk memahami. Itu berarti, penyebab anak tidak mau mendengar orang tua murni ada di perilakunya. Memang tidak mudah untuk menjaga emosi dan mengendalikan diri saat anak menunjukkan sikap abai atau cuek. Namun, kita pun perlu mengevaluasi diri juga sebelum menyalahkan anak. Bisa jadi yang membuat anak tidak mau mendengar adalah karena cara kita menyampaikan kalimat atau nasihat kurang tepat.

Comments are closed.