Fakta Three Jenis Vaksin Covid

Fakta Three Jenis Vaksin Covid

Untuk memenuhi kebutuhan vaksin dalam negeri, Indonesia menempuh tiga langkah. Pertama, mengembangkan vaksin Covid-19 Merah Putih serta melakukan kerja sama dengan pembuat vaksin dalam dan luar negeri. Kedua, melakukan Slot Online Terbaik pembelian vaksin dari luar negeri setelah disetujui oleh WHO. Ketiga, menggandeng lembaga internasional, yakni CEPI dan Gavi Alliance untuk mendapatkan akses vaksin dalam kerangka kerja sama multilateral .

Vaksinasi tetes mata dilakukan dengan cara meneteskan vaksin ke mata ayam. Pada bulan September, jumlah antibodi Covid-19 pada subjek uji coba Tahap I tetap tinggi enam bulan setelah suntikan pertama. Tingkat antibodi yang tinggi menunjukkan bahwa suntikan dapat memberikan kekebalan untuk waktu yang lama, meskipun hasil Fase III masih diperlukan. Pada awal September, Serbia menyetujui uji klinis Fase III untuk vaksin Sinopharm.

Karena menurut Dinas Kesehatan Provinsi Kepri sejauh ini belum ada ditemukan kasus penggunaan vaksin palsu di seluruh wilayah Kepri. Padahal, hasil pemeriksaan yang dilakukan BPOM Kepri di Batam kedua sarana pelayanan kesehatan, Apotek Kimia Farma dan Klinik Batam Medical Center tersebut memperoleh vaksin tidak sesuai aturan. Vaksin itu didapat bukan dari pemerintah, melainkan jasa perorangan alias freelance.

Mengikuti penetapan tersebut, pada 6 Desember 2020, sejumlah 1,2 juta dosis vaksin Covid-19 dalam bentuk jadi buatan Sinovac telah tiba di Indonesia sebagai tahap awal. Pengadaan tersebut akan ditambah sebanyak 1,eight juta dosis vaksin dalam bentuk jadi yang akan dikirim pada Januari 2021. Selain itu, pemerintah juga akan mendatangkan bahan baku vaksin hingga Januari 2021 untuk memproduksi forty five juta dosis vaksin melalui Bio Farma. Langkah pemerintah dalam program vaksinasi nasional juga tampak dari dana yang dialokasikan. Dari sisi anggaran, pemerintah Indonesia mengalokasikan dana sebesar Rp 35,1 triliun untuk program vaksinasi dan pengadaan vaksin pada tahun 2020. Pada tahun 2021, total anggaran kesehatan mencapai Rp 169,7 triliun, dengan Rp 60,5 triliun dialokasikan khusus untuk pengadaan vaksin dan penanganan Covid-19.

Harapannya, pemerintah tak sia-sia mengeluarkan anggaran untuk membeli vaksin tersebut. “Jangan sampai kita pakai vaksin yang tingkat kemanjurannya kurang,” ingatnya. Menurut data akhir uji klinis di Amerika Serikat, vaksin ini efektif ninety five persen melawan Covid-19.

Meski ada tempat lain yang menjual ayam maupun ikan bakar, tapi rezeki tak pernah tertukar,” katanya seraya tersenyum syukur. Dalam sehari, bang Darwis mampu menjual ikan bakar sebanyak 40 kilogram dan ayam 25 ekor. Untuk ayam bakar, satu ekor saya jual Rp 50 ribu, sedangkan setengah ekor Rp 30 ribu,” ungkapnya.

Harsono berharap, dengan terjaminnya vaksin di Jatim, rumah sakit dan Puskesmas tetap menjaga mutu dan kualitas vaksin, termasuk selalu menaati beberapa aturan yang harus dilakukan agar kuliatas terjaga. Diantaranya, mengatur suhu di setiap ruang atau blok dalam lemari es agar tetap stabil dan sesuai dengan suhu temperatur yang diharapkan. Hal ini karena, tidak semua jenis vaksin yang disimpan di lemari es suhu dan temperaturnya harus sama. Ada vaksin yang membutuhkan suhu atau tempertur dingin dan beku serta ada vaksin yang membutuhkan suhu dan temperatur normal. Berbicara dalam pertemuan tentang perawatan kesehatan pada Minggu (three/1), Presiden Venezuela Nicolas Maduro mengatakan pihaknya telah mengajukan proposal untuk membeli vaksin Covid-19 dengan alat tukar aset yang selama ini dibekukan karena sanksi.

Tempat membeli vaksin

Hal ini terkait dengan ditangkapnya pelaku pembuat vaksin palsu dibeberapa tempat di sekitar Jakarta. Vaksin yang tidak diketahui kandungannya selain tidak memberikan manfaat untuk ketahanan tubuh juga bisa membahayakan bagi anak yang menerima vaksin tersebut. Perdana Menteri Kamboja, Hun Sen mengatakan, negaranya tidak akan menerima vaksin yang tidak disertifikasi oleh Organisasi Kesehatan Dunia . “Kamboja bukan tempat sampah dan bukan tempat untuk uji coba vaksin,” tegasnya, kemarin. Hingga saat ini, vaksin Sinovac memang belum diketahui keamanan dan kemanjuran dari uji klinis tahap ketiga. Berbeda dengan Pfizer yang telah mengeluarkan data kemanjuran ninety five persen.

Comments are closed.