Eight Cara Mencegah Penularan Virus Corona Pada Lansia

Eight Cara Mencegah Penularan Virus Corona Pada Lansia

Apabila sistem kekebalan tubuh rendah, terutama saat sakit, virus lebih mudah menyerang tubuh, entah itu virus flu maupun SARS-CoV-2. Pastikan Anda juga menjaga kebersihan ketika berkunjung ke pasar dan mencegah kontak dengan hewan liar. Sampai saat ini para ahli belum mengetahui dengan pasti bagaimana penularan virus tersebut sehingga disarankan untuk tetap berhati-hati.

Tak hanya tempat umum, seperti tempat makan, gedung olah raga, tetapi tempat ibadah saat ini harus mengalami dampak tersebut. Tangan menyentuh banyak permukaan dan dapat mengandung banyak virus pula. Untuk itu, diimbau agar tetap berada di dalam rumah hingga wabah Covid-19 menghilang dari Indonesia. Warga menggunakan masker saat melewati terowongan kendal untuk bekerja di Jakarta, Selasa (three/3/2020). Jaga jarak fisik tak hanya berlaku di tempat umum, di rumah pun juga bisa diterapkan. Hal ini sebenarnya juga telah disuarakan oleh Pemerintah agar masyarakat jaga jarak fisik atau physical distancing.

Panduan ini ditujukan untuk anggota masyarakat dan komunitas, termasuk komunitas lansia, tentang cara menjaga lansia agar tetap aman dan sehat selama wabah COVID-19. COVID-19 merupakan tantangan serius bagi kita semua, tetapi ada berbagai hal yang dapat kita lakukan sebagai komunitas untuk saling mendukung. Pandemi covid yang terjadi saat ini membuat kita terpaksa harus membatasi aktivitas di luar rumah. Akibatnya kegiatan belajar dan bekerja pun harus kita lakukan dari dalam rumah, guna menghindari kerumunan dan berkumpul di tempat yang ramai.

Cucilah tangan kamu beberapa kali sehari, terutama setelah menyentuh apapun termasuk ponsel atau laptop computer kamu. Hal ini bisa menjadi cara pencegahan virus utama yang dapat kamu lakukan. Selain mencuci tangan, cara lainnya untuk mencegah COVID-19 adalah mengurangi kontak dengan orang sakit atau mengalami batuk, demam, dan bersin. Menggunakan masket saat beraktivitas juga merupakan salah satu cara pencegahan virus Corona. Meski tidak sepenuhnya efektif mencegah paparan kuman, namun penggunaan masker ini tetap bisa menurunkan resiki penyebaran penyakit infeksi termasuk virus Corona.

Bawang putih yang umumnya digunakan untuk menambah cita rasa masakan, memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Bawang putih mengandung zat allicin yang mampu menjaga fungsi Slot 2021 sistem kekebalan tubuh. Bola.com telah merangkum jenis makanan yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh, khususnya untuk menangkal agar tidak tertularvirus Corona.

Gunakan disinfektan untuk membersihkan permukaan benda yang sering disentuh, seperti gagang pintu, keyboar dan mouse, alat dapur, sakelar lampur, gagang laci, pegangan tangga. “Jika kondisi sudah lebih stabil, orang tua dapat mengajak anak untuk konseling atau berobat secara online,” pungkasnya. Mengelola stres dengan baik dapat bantu menjaga fungsi daya tahan tubuh, sehingga peluang kesembuhan ikut meningkat. Hal ini guna memastikan anak tidak merasa sendiri; dan membuat rasa cemas orang tua jadi berkurang. “Menggunakan kamar mandi terpisah dengan anak yang sakit, tapi kalau tidak memungkinkan sebisa mungkin sering dibersihkan dan didesinfeksi,” ujar dr. Devia Irine. Apabila anak masih balita, pertimbangkan untuk pakai sarung tangan saat mengganti popoknya.

Cara agar tidak terkena Covid

Jika Anda curiga seseorang terinfeksi COVID-19, mintalah orang tersebut untuk berdiam di rumah dan mengisolasi diri dari anggota keluarga mereka sebisa mungkin. Anda juga harus menghubungi fasilitas kesehatan setempat dan mengikuti saran yang diberikan. Dalam situasi ini, sukarelawan perlu melakukan tindakan pencegahan sendiri untuk memastikan mereka tetap aman . Penting bagi lansia untuk memiliki cukup persediaan kebutuhan dasar, termasuk makanan dan obat-obatan jika mereka tiba-tiba perlu melakukan isolasi mandiri. Ini sebaiknya mencakup makanan pokok seperti beras, minyak goreng, telur, atau makanan yang tahan lama; obat-obatan yang umum dikonsumsi; dan obat-obatan dasar termasuk penghilang nyeri. Pedoman saat ini menyatakan bahwa obat Ibuprofen harus dihindari karena meningkatkan potensi komplikasi COVID-19.

Comments are closed.