Banyak Terjadi Permasalahan Dalam Tumbuh Kembang Anak

Banyak Terjadi Permasalahan Dalam Tumbuh Kembang Anak

Selain itu, edukasi tentang persalinan yang aman di fasilitas kesehatan, serta pentingnya melakukan inisiasi menyusu dini hingga pemberian colostrum air susu ibu juga wajib disosialisasikan. Akses terhadap sanitasi dan air bersih yang mudah dapat menghindarkan anak pada risiko ancaman penyakit infeksi. Untuk itu, perlu membiasakan cuci tangan pakai sabun dan air mengalir, serta tidak buang air besar sembarangan. Hal lain yang juga perlu diperhatikan adalah berikanlah hak anak mendapatkan kekebalan dari penyakit berbahaya melalui imunisasi yang telah dijamin ketersediaan dan keamanannya oleh pemerintah.

Tumbuh kembang menjadi hal yang sangat penting untuk anak karena tanpa tumbuh kembang yang maksimal anak tidak bisa mencapai hidup yang berkualitas. Saat terjadi gangguan dan masalah dengan tumbuh kembang anak, orang tua harus segera mencari klinik tumbuh kembang anak terbaik yang bisa membantu buah hati tercinta mencapai tumbuh kembang yang maksimal. Kerjasama antar disiplin ilmu dalam memecahkan masalah yang dihadapi saat ini sangat diperlukan. Pembangunan harus diarahkan pada cita-cita bangsa dan negara ketika republik ini didirikan.

Hak Berpartisipasi, hak untuk menyatakan pendapat dalam segala hal yang mempengaruhi anak. Hak Kelangsungan Hidup, hak untuk melestarikan dan mempertahankan hidup dan hak memperoleh standar kesehatan tertinggi dan perawatan yang sebaik-baiknya. Berdasarkan kenyataan di atas, PBB mengesahkan Konvensi Hak-hak Anak untuk memberikan perlindungan terhadap anak dan menegakkan hak-hak anak di seluruh dunia pada tanggal 20 Nopember 1989 dan mulai mempunyai kekuatan memaksa pada tanggal 2 September 1990.

Tahun 2011 misalnya, dari 2266 pengaduan, 28 % berupa kasus kekerasan seksual seperti pelecehan seks, perkosaan, maupun eksploitasi seks bermotifkan ekonomi. Pelaku kekerasan seks tidak sebatas masyarakat awam tetapi juga kaum terpelajar, bahkan beberapa di antaranya adalah pejabat publik. Beberapa buruh migran Indonesia ditipu dengan perkawinan palsu saat di luar negeri dan kemudian mereka dipaksa untuk menyerahkan bayinya untuk diadopsi ilegal.

Orangtua juga bisa belajar cara membantu anak mengatasi masalah perilakunya. Namun, jika dideteksi secepat mungkin Anda bisa membantu anak menyesuaikan diri supaya bisa hidup lebih mandiri dan berkualitas. Rafy mengatakan bahwa An-Nu’man Ibn Ajlan al-Anshari berkata, “Kami pun menyambut kaum Muhajirin seraya berkata,” Selamat datang dan hidup bersama kami. Sungguh, kalian akan aman dari kefakiran karena kami akan membagi harta dan rumah kami untuk kalian. “Para ahli dan praktisi juga menyatakan bahwa dapat dimungkinkan terjadi ‘Missing Generation’ untuk anak-anak yang lahir dan berkembang di masa pandemi,” ujar Dr Ray yang juga lulusan Fakultas Kedokteran Unsrat Manado ini. Penyediaan/pengembangan fasilitas kesehatan ramah dan inklusif terhadap anak dengan disabilitas.

Tidak hanya orang dewasa saja yang bisa mengalami gangguan mental namun anak pun bisa bermasalah dengan mentalnya. Seorang dokter spesialis anak ini memiliki tanggung jawab untuk mengobati masalah kesehatan mental Kakek Merah anak. Terutama bagi remaja yang rentan mengalami masalah gangguan tumbuh kembang.

Selain itu di sela-sela seminar Hari Anak Nasional 2018 bertema “Anak Indonesia, Anak Genius dan Tumbuh Kembang Optimal”, dr Eva mencontohkan tentang tahapan perkembangan pada bayi. Mulai dari tengkurap, menegakkan kepala, duduk, merangkak, berdiri, hingga berjalan. Dalam usaha untuk melepaskan diri dari pengaruh orang dewasa, Anak/Remaja membentuk kelompok. Kecenderungan kohesi meningkat seiring dengan meningkatnya frekuensi interaksi anggota Anak/Remaja dengan kelompoknya. Dalam kelompok dengan kohesi yang kuat, berkembanglah iklim dan norma kelompok yang sangat ditentukan oleh pemimpin dalam kelompok. Anak/Remaja akan lebih mementingkan norma dan ethical kelompok dibandingkan norma dan ethical yang dia terima dari orang tuanya sehingga dia sulit untuk dapat mengembangkan norma dan moralnya sendiri.

Pengaruh yang diterima suami istri, juga yang diterima anak dalam proses perkembangannya, tak lagi bisa dipisahkan dari dunia di luar rumah. Melalui perangkat teknologi anak bisa langsung menerima pengaruh dari luar, yang tentu saja akan selalu mempunyai dua sisi, baik dan tidak baik, positif dan negatif. Situasi inilah yang akan mewarnai kehidupan anak dan orang tua di abad 21. Orang tua tak lagi menjadi pewarna tunggal dalam pengembangan pola sikap dan tingkah laku anak. Ada lingkungan yang lebih luas dan leluasa memasuki kehidupan keluarga dalam menawarkan berbagai bentuk perilaku untuk diamati, dipilih, dan diambil alih anak.

Banyak terjadi permasalahan dalam tumbuh kembang anak

Agar potensi ini menjadi aktualisasi dibutuhkan kesempatan untuk mengaktualisasikan bakat-bakat tersebut. Karena itu kemungkinan ada bakat yang tidak dapat berkembang atau tidak dapat beraktualisasi karena kesempatan tidak atau kurang memungkinkan. Untuk mengaktualisasikan bakat diperlukan lingkungan yang baik atau mendukung.

Comments are closed.