5 Cara Membuat Anak Patuh Pada Orangtua

5 Cara Membuat Anak Patuh Pada Orangtua

Anak yang berperilaku menyimpang di sekolah, sering berhulu dari sikap dan tingkah laku terhadap orangtuanya di rumah. Anak yang tidak patuh pada orangtuanya sendiri di rumah, boleh jadi akan sulitmematuhi gurudan peraturan di sekolah. Sudah langka terjadi Casino Online jika anak di rumah, seorang pembangkang, suka membantah orangtua dan tidak patuh, akan berubah baik dan patuh di sekolah. “Perhatian yang diberikan orang tua pada anak adalah penjagaan paling hebat untuk melindunginya dari bahaya dunia luar.”

Jika kita mau menyelami lebih dalam, banyak kisah-kisah kenabian dan para sahabat yang ditujukan kepada anak-anak. Sehingga darinya kita dapat menanamkan kepercayaan akan sejarah pada diri anak dan menanamkan nilai keislaman. Akan mudah kita temukan buku-buku kisah para nabi dan sahabat di toko buku dengan ilustrasi yang menarik anak-anak.

Mengajarkan anak bukan berarti harus selalu membuat “peraturan-peraturan baru” yang tidak menyenangkan baginya, akan tetapi juga bisa dengan cara bermain bersama. Biarkan ia mempelajari sesuatu dari Anda dengan cara-cara yang jauh lebih menyenangkan seperti bermain, menari atau bermain musik bersama. Orang tua dan remaja hendaknya menyusun dan menyepakati aturan perilaku yang boleh dan tidak boleh dilakukan degan cara berdsikusi. Di dalam aturan hendaknya juga disepakati konsekuensi akibat dari pelanggaran. Konsekuensi tersebut hendaknya dilaksanakan secara konsisten supaya tidak membingungkan si remaja. Melansir positiveparentingsolutions.com, menarik perhatian anak bisa dilakukan dengan menjalin kontak mata dengannya.

Akibatnya, banyak orangtua yang sulit mendidik anak remajanya, dan tidak tahu langkah yang harus dilakukan agar anak remajanya mau terbuka dalam hal apapun. Untuk mengetahui cara terbaik menasehati anak perempuan, maka langkah pertamanya adalah dengan memahaminya. Mengucapkan terima kasih ketika si Kecil sudah mendengarkan merupakan cara agar ia merasa dihargai. Meskipun terasa sederhana, hal ini membuat si Kecil merasa diapresiasi atas kebaikan yang ia lakukan. Coba sampaikan betapa bangganya Anda ketika si Kecil mau berubah semakin baik karena mau mendengar nasihat Anda, hanya dengan mengucapankan, terima kasih. Agar si Kecil mudah mengerti maksud dari perkataan Anda, gunakan kalimat yang mudah dipahami.

Cara agar anak mau mendengar nasihat orang tua

Anak akan takut bertemu dengan orang banyak, takut untuk mencoba dan melakukan hal baru, bahkan anak cenderung mengurung diri dan tidak peduli dengan lingkungan sekitar. Cukup berikan kepadanya penjelasan, atau bisa juga memberinya sepotong permen atau es krim untuk membuatnya tenang lalu jelaskan dengan bijak secara perlahan. “Satu-satunya pelajaran akhlak paling cocok untuk anak; pelajaran paling penting dalam jengkal waktu kehidupan; adalah, jangan pernah lukai siapapun.” “Anak terlahir ke dunia dengan kebutuhan untuk disayangi tanpa kekerasan, bahwa hidup ini jangan sekalipun didustakan.”

Ketika mengalami hal tersebut, kita pasti membutuhkan motivasi untuk kembali membangkitkan semangat. Kata kata semangat dapat memberikan dorongan, masukan dan memberikan semangat untuk terus melakukan sesuatu yang telah direncanakan sebelumnya. VIVA – Kata-kata semangat sangat diperlukan untuk menjadi penyemangat agar menjadi pembelajaran untuk tidak mudah menyerah.

Menyisipkan lelucon konyol di akhir permintaan juga dapat menarik perhatiannya. Pasalnya, saat anak merasa orangtua mendengarkan dirinya, maka mereka akan merasa lebih dihargai dan lebih dipercaya sehingga menjadi lebih tertarik pada apa yang dikatakan. Sebagai orang tua, kita tentu harus dapat memberikan bimbingan serta arahan yang tepat agar ia menjadi manusia yang baik dan berakhlak mulia. Memberi apresiasi sama saja dengan mengelola segala perilaku positif si kecil. Hal tersebut akan menjadikannya pribadi yang baik saat dewasa nanti. Contohkanlah pola komunikasi dua arah yang menyenangkan, saling mendengar, tidak cepat memotong pembicaran, dan tak menghakimi.

Comments are closed.